Analisis Makna Dari Lagu “You Belong With Me”

Saat kita suka akan musik tentu hal tersebut akan selalu diperdengarkan dimanapun, kapanpun karena kita menyukai lagu tersebut. Musik tersebut mungkin sesuai dengan terjadi dengan diri kita, oleh karena itu setiap kata atau lirik yang ada pasti sama persis atau sejalan dengan yang dialami. Nah, oleh karena itulah Aku tertarik untuk menganalisis makna dari lagu “You Belong To Me” kalau dalam bahasa Indonesia itu artinya “Kamu Cocok Dengan Saya”. Lagu ini juga aku persembahkan saat aku merasa mungkin Dia cocok juga dengan Aku walaupun nantinya kita tidak tahu karena “Man Propose God Dispose”. Baiklah untuk menganalisis suatu lagu sebaginya kamu harus tahu lagunya terus jangan lupa untuk menyertakan Lyric dari lagu tersebut sehingga bisa diketahui secara mendetail. Untuk kepastian dari maksud nyata atau pesan yang disampaikan dalam lagu ini mungkin berbeda persepsi dengan yang Aku lakukan tapi hal itu tidak akan jauh berbeda dari yang aslinya. Dalam menganalisa lagu ini Aku juga menggunakan video dari lagu ini agar dari Video Clipnya bisa dipahami karena sebuah Video Clip pasti berisikan tentang cerita dari lagu tersebut.

Untuk menganalisa Aku menggunakan part per part sehingga lebih mengakomodatif.

You’re on the phone with your girlfriend, she’s upset
She’s going off about something that you said
‘Cause she doesn’t get your humor like I do

Dari arti kedalam Bahasa Indonesia adalah kurang lebih seperti dibawah ini:

Kamu sedang menelpon pacar kamu, dia marah-marah
Dia akan pergi mengenai sesuatu hal yang telah Anda katakan
Karena dia merasa tidak mendapatkan humor kamu sama seperti yang saya lakukan

Disini menceritakan bahwa si perempuan itu memeperhatikan si laki-laki dimana dalam cerita lagu dan video clip nya rumah keduanya itu berdekatan bahkan saling berhadapan sehingga dengan mudah bisa mengetahuinya. Sementara si laki-laki itu rupanya tidak bisa mendapatkan hal yang sama seperti si perempuan (tetangganya berikan)

I’m in the room, it’s a typical Tuesday night
I’m listening to the kind of music she doesn’t like
And she’ll never know your story like I do

Dalam lyric selanjutnya diatas ini menceritakan bahwa

Aku sedang di dalam ruangan, (itu kebiasaan si Perempuan) Selasa malam dan Aku sedang mendengarkan jenis musik dia tidak suka serta Dan dia tidak akan pernah tahu cerita Anda seperti yang saya lakukan begitu lirik yang diutarakan. Dalam hal ini si Perempuan selalu memperhatiakan si Laki-laki tapi si Laki-laki itu masih kurang mengetahuinya. Akan tetapi si Perempuan tidak pernah Berhenti memberikan Perhatiannya. Disinilah letak atau mulait cerita tersebut dibas dipahami

But she wears short skirts, I wear T-shirts
She’s Cheer Captain and I’m on the bleachers
Dreaming about the day when you wake up and find
That what you’re looking for has been here the whole time

Pada bagian ini menceritakan perbedaan antara si Cewe yang menyukai si Laki-laki dan cewe yang disukai oleh laki-lakinya. Kurang lebihnya kalau si perempuan yang disukai oleh si laki-laki ibarat dai memakai Tapi dia memakai rok pendek sementara si perempuan yang satu mengenakan T-shirt terus si perempuan yang disukai oleh laki-laki itu sebagai Kapten Cheerleader dan sementara si perempuan yang menyukainya hanya berada bangku-bangku (penonton)
dan dia Bermimpi tentang hari ketika Anda bangun dan menemukan seuatau yang berbeda serta ingin mengetahui Bahwa apa yang Anda cari sudah ada di sini sepanjang waktu yaitu ada pada diri si Perempuan yang menyukainya tapi masih belum sadar.

If you could see that I’m the one who understands you
Been here all along, so why can’t you see?
You, you belong with me, you belong with me

Dalam lirik ini menceritakan Jika saja seandainya kamu bisa melihat bahwa akulah yang mengerti dirimua dan Di sini selama ini dekat dengan kamu, jadi mengapa kamu tidak bisa melihat?  sebenarnya kita ini banyak persamaan dan kamu, kamu itu cocok atau serasi dengan saya. ya kamu dan aku itu cocok atau serasi. Dari setiap yang yang ingin dilakukan oleh si perempuan yang menyukainya tidak pernah lepas dari apa yang disukai oleh si Laki-laki itu.

Walking the streets with you and your worn-out jeans
I can’t help thinking this is how it ought to be
Laughing on a park bench, thinking to myself
Hey, isn’t this easy?

Disini menceritakan saat

Berjalan-jalan dengan Anda dan Anda usang jins
Aku tidak bisa berpikir ini adalah bagaimana seharusnya
Tertawa di bangku taman, berpikir untuk diri sendiri
Hei, bukankah ini mudah?

And you’ve got a smile that could light up this whole town
I haven’t seen it in a while since she brought you down
You say you’re fine, I know you better than that
Hey, what ya doing with a girl like that?

Dan kau punya senyum yang dapat menerangi seluruh kota . Aku tidak melihatnya dalam beberapa waktu karena dia membawa Anda ke. Kau bilang kau baik-baik saja, aku tahu kau lebih baik dari itu. Hei, apa ya lakukan dengan seorang gadis seperti itu?

She wears high heels, I wear sneakers
She’s Cheer Captain and I’m on the bleachers
Dreaming about the day when you wake up and find
That what you’re looking for has been here the whole time

Pada bagian ini menceritakan perbedaan antara si Cewe yang menyukai si Laki-laki dan cewe yang disukai oleh laki-lakinya. Kurang lebihnya kalau si perempuan yang disukai oleh si laki-laki ibarat dai memakai Tapi dia memakai rok pendek sementara si perempuan yang satu mengenakan T-shirt terus si perempuan yang disukai oleh laki-laki itu sebagai Kapten Cheerleader dan sementara si perempuan yang menyukainya hanya berada bangku-bangku (penonton)
dan dia Bermimpi tentang hari ketika Anda bangun dan menemukan seuatau yang berbeda serta ingin mengetahui Bahwa apa yang Anda cari sudah ada di sini sepanjang waktu yaitu ada pada diri si Perempuan yang menyukainya tapi masih belum sadar.

If you could see that I’m the one who understands you
Been here all along, so why can’t you see?
You belong with me

Disini membahas seandainya atau jika kamu bisa melihat bahwa akulah yang mengerti kamu dan berada di sini selama ini dekat dengan kamu, lalu mengapa kamu tidak bisa lihat dan merasakannya? perasaan inilah yang ada dari si Perempuan yang menyukai laki-laki itu termasuk dengan saya.
Standing by and waiting at your back door
All this time how could you not know?
Baby, you belong with me, you belong with me

Saat Berdiri dan menunggu di pintu belakang rumah kamu. Selama ini dan dekat sekali bagaimana kamu tidak bisa tahu dan mengerti itulah yang diutarakan oleh si Perempuan? Sayang, sebenarnya kamu cocok atau seras dengan saya, Ya, kita memang cocok atau serasi dengan saya

Oh, I remember you driving to my house in the middle of the night
I’m the one who makes you laugh when you know you’re ’bout to cry
And I know your favorite songs and you tell me ’bout your dreams
Think I know where you belong, think I know it’s with me

Oh, aku ingat kau mengemudi ke rumahku di tengah malam. Akulah yang membuat Anda tertawa saat kau tahu kau akan menangis. Dan aku tahu lagu favorit Anda dan Anda katakan ’bout impian Anda. Kira aku tahu dimana anda berada, mengira aku tahu itu dengan saya

Can’t you see that I’m the one who understands you?
Been here all along, so why can’t you see?
You belong with me

Tidak dapat melihat bahwa akulah yang mengerti Anda? Di sini selama ini, jadi mengapa tidak bisa Anda lihat?
Anda termasuk dengan saya

Standing by and waiting at your back door
All this time, how could you not know?
Baby, you belong with me, you belong with me

Berdiri dan menunggu di pintu belakang Anda. Selama ini, bagaimana kau bisa tidak tahu? Bayi, Anda cocok dengan saya, Anda cocok dengan saya

You belong with me
Have you ever thought just maybe
You belong with me?
You belong with me

Ya, kita memang cocok  tapi apa pernah kamu berpikir itu mungkin dan bisa terjadi. Dan pada akhirnya memang mereka berdua cocok dimana si perempuan dalam video clipnya yang tadinya pakai kaca mata tapi saat pesta malah tidak paka kaca mata. Hal ini sebenarnya si Perempuan itu tidak datang tapi pada pesta ternyata si Perempuan itu datang bahkan mereka yang ada disana merasa kaget dan terkejut dengan penampilannya. Ya, benar penampilanya jauh berbeda. Jauh lebih cantik dari sebelumnya dan mereka tidak pernah melihat itu yang dilihat hanyalah kekurangannya bukan kecantikan dari dalam. Pada akhirnya mereka ternyata menjadi sepasang kekasih yang saling mencintai satu sama lain dan serasi sekali.

Nah, begitulah pengamatan dan analisis Aku tentang lagu ini. Intinya adalah saat kita mau mencoba mengertia dan memahami suatu lagu hendaklah kita harus berada atau menjadi tokoh dalam cerita itu dengan cara membayangkannya serta senantiasa menyatu dari setia lirik-liriknya sehingga kita bisa memahami lagu ini lebih dalam dan sangat sesuai dengan yang diharapkan. Itu yang dapat Aku sampaikan semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kalian yang sedang mencoba belajar menganalisis atau bahkan tugas dari Guru atau dosen.

Good luck ya

Me, Bandung 30 Oktober 2009

Didedikasikan untuk “Neng”

4 Comments

  1. ehm menurutku terjemahan kmu dari lagu itu bnyak yg krg tepat. terutama dlm pengunaan kata2 nya… dan yg kmu lakukan menurutku lbh bnyk mengartikan dr pd menganalisis nya…

  2. mas, ko saya juga jadi susah buat nangkep terjemahannya

  3. lol sweet stuff man.

  4. Owh gitu ea…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a comment

  • Buku Kedua

  • Buku Pertama

  • Chat With Me

  • Readers

    counter
  • Visitors

    free counters
  • Kamus

    dictionary on your finger
  • ISBN

    Indonesians’ Beautiful Sharing Network
  • My Blog Price