BBM Pasti Naik, Kebijakan Yang Pro Rakyat, Kah?

Slogan Pertamina “Pasti Pas” kayanya kalau diganti seperti gambar dibawah ini gimana yaa?

Per tanggal 1 April 2012 sepertinya kebijakan pemerintah akan menaikan hagra BBM (Bahan Bakar Minyak) yang membuat Rakyat jadi BBM juga (Benar-Benar Mabok) dengan kebijakan yang satu ini. Memang kalau ditelusuri lagi, harga BBM di Indonesia jauh lebih murah dibandingkan dengan Negara lain. Tapi kalau melihat kondisi ekonomi sebenarnya bagaimana?

Alasannya karena memberatkan subsidi pemerintah? Lah dari hasil survey saja hanya dibawah 10% rakyat yang merasakan subsidi tersebut. Lainnya dinikmati oleh mereka yang keadaannya lebih dari cukup. Kalau BBM naik, otomatis harga kebutuhan lainnya ikut naik juga dengan sendirinya. Harga sembako, tarif angkutan umum, bahkan ongkos OJEK mungkin juga akan naik sepertinya. Hadohh kalau sudah demikian bagaimana sebaiknya?

Demonstrasi dimana-mana, dari segala penjuru wilayah Indonesia, tapi apakah bisa membatalkan kenaikan BBM? Sepertinya sulit terealisasikan. Slogan Pertamina yang isinya “Pasti Pas” sepertinya dari gambar diatas itu lebih mencerminkan keadaan sekarang ini deehh, BBM “Pasti Naik”. Demo ke pemerintah, sudah berkali-kali dilakukan. Mungkin kalau rusuh dan ada korban, baru pemerintah dapat mempertimbangkan untuk menunda kenaikannya, ingat “Menunda” yang berarti akan naik sewaktu-waktu.

Alasan subsidi yang salah sasaran itu, bagaimana yaa caranya? Nah kan dilingkungan kepemerintahaan itu orang pintar-pintar semua bahkan ada yang Doktor, Profesor bahkan. Nah Rakyat yang SD aja ga lulus gimana mau ditanya. Mereka tahunya dan siapapun Presiden dan orde apalah namanya itu yang mereka ingin dan tahu adalah, Sembako murah, Sekolah murah dan berkualitas, pekerjaan yang mudah, apalagi yaa yang mudah kirannya? Wah banyak deh kalau disebutkan satu per satu.

Jauh api dari panggang sepertinya yang akan terjadi. Sebagai Negara Demokrasi jelas penyampaian aspirasi yang benar dan tidak melanggar hukum itu diutamakan. Jangan sampai menggangu kepentingan umum jelas, tapi kalau tidak rusuh tidak diperhatikan, kalau tidak ada korban tidak direalisasikan kali yaa.

BBM Naik ga masalah, yang penting diikuti kebijakan yang PRO-RAKYAT. Banyak loh kebijakan yang katanya untuk rakyat ehh malah dinikmati oknum para PEJABAT, sehingga rakyat tetap MELARAT. Lihat donk RAKYAT yang diperbatasan, LISTRIK aja mereka merupakan kebutuhan yang MAHAL, bahkan Pendidikan justru yang digadang-gadang sebagai pelopor utama penerus bangsa malah menjadi hal yang tersulit bagi mereka. Tidak sedikit mereka yang memutuskan mengkonsumsi sembako dari Negeri tetangga yang lebih mudah didapati. Bahkan Sekolah pun mereka lebih memilih disana karena akses yang lebih cepat. Sarana dan prasarana seperti bumi dan langit sepertinya. Diseberang sana sudah seperti istana tapi dilain sisi sudah seperti pemukiman tak bernyawa.

Ada kasus malah mereka yang diperbatasan itu memiliki KTP negara tetangga, bahkan akte kelahiran juga dari negara tetangga. Kalau sudah begitu haruskah adanya kliem besar-besaran baru dapat didengar, ingat didengar saja bukan dilakukan hal yang kongkrit yang dapat mencegahnya.

Semoga Negeri yang kaya ini dapat dirasakan manfaat dari hasil bumi dan yang lainnya dan STOP PENGIRIMAN TKI ke Luar tapi kirimlah AHLI ke Negara lain bukan sebagai PRT. Perlahan tapi pasti asalkan terus dijalankan dan terus ditingkatkan semuanya untuk kepentingan Bangsa dan Negara ini.

 

Salam titik.. titik..,

Blogger, Bandung, 19 Maret 2012

Rahman Faisal

 

 

 

1 Comment

  1. sudah jadi makanan pers beberapa hari ini, dimana-mana menyiarkan berita tragis 21 orang tewas hanya karena uang tiga puluh ribu, uang zakat. disisipi berita antrian BLT (bantuan langsung tandas) yang sepertinya sudah basi dari dulu ceritanya seperti itu.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s