Hal-hal Yang Diperlukan Dalam Presentasi

Dalam mempresentasikan hal-hal tersebut yang berhubungan dengan kerjakeras atau karya kita, ada beberapa hal yang diperlukan dalam presentasi yang akan disampaikan, berikut hal-hal tersebut;

Tahu kebutuhan audiens Anda dan isi sesuai dengan kebutuhan mereka. Mengetahui seluk-beluk dari bahan yang dipresentasikan. Tempatkan apa yang harus Anda katakan dalam urutan logis, artinya sesuai dengan hal yang diutamakan dan didahulukan berdasarkan urutannya. Pastikan Anda berbicara akan menawan Anda ke khalayak serta nilai waktu presentasi dan perhatian mereka. Praktek dan berlatih percakapan Anda di rumah atau di mana Anda dapat mudah dan nyaman seperti di depan cermin, keluarga, teman atau rekan kerja. Gunakan alat perekam untuk mendengarkan sendiri, gunanya sebagai alat perekam  untuk menilai presentasi dan menganalisa itu. Anda tahu apa yang kuat dan yang lemah poin. Penekankan yang kuat terhadap poin Anda selama presentasi, biasanya seseorang yang sibuk akan mempunya sedikit sekali waktu maka gunakan waktu semaksimalnya. 

Bila Anda sedang melakukan presentasi di depan audiens yang ada, yang Anda akan lakukan adalah menjada sebagai Aktor di atas panggung. Bagaimana Anda sedang dirasakan sangat penting. Berpakaian dengan tepat disetiap kesempatan. Jadi jika Anda sungguh-sungguh pada topik yang anda presentasikan, akan mudah melakukannya di depan khalayak ramai. Sekarang gambar yang dikehendaki untuk audiens Anda antara lain terlihat menyenangkan, antusias, percaya diri, bangga, namun tidak sombong, tetap tenang, tampak santai, bahkan jika Anda merasa gugup, nada bicara perlahan diatur sedemikian rupa, mengatakan dengan jelas, dan tepat menunjukkan emosi dan perasaan yang berkaitan dengan topik Anda. Mendirikan hubungan dengan audiens Anda. Berbicara kepada orang yang terjauh dari anda untuk memastikan suara yang cukup keras untuk proyek ke bagian belakang ruangan. Bedakan nada suara Anda dan menyandiwarakan jika diperlukan. Jika mikrofon tersedia, sesuaikan suara Anda dan mengadaptasi sudah sesuai.

Bahasa tubuh sangat penting., seperti berdiri, berjalan atau bergerak sesuai dengan tangan tentang sikap atau ungkapan yang lebih memilih duduk atau berdiri dengan kepala masih bawah dan membaca dari yang disiapkan sambutan atau pembukaan. Menggunakan alat bantu audio-visual untuk perangkat tambahan jika sesuai dan diperlukan. Mampu menggunakan perangkat lunak presentasi seperti PowerPoint yang baik sebelum Anda presentasi. Jangan terlalu mempesona audiens Anda dengan menggunakan animasi yang berlebihan, klip suara, atau terlalu menyolok warna yang tidak tepat untuk topik Anda. Jangan penyiksaan audiens Anda dengan meletakkan sebuah dokumen panjang kecil di cetak pada sebuah overhead dan membacanya kepada mereka, hal ini bisa mengurangi nilai presentasi tersebut oleh Karena itu sebisa mungkin dihindari agar hasilnya bisa maksimal.

Berbicara dengan keyakinan sebagai orang yang menguasai panggung dan jika Anda benar-benar percaya pada apa yang Anda katakana maka hal tersebut akan terasa lebih mudah. Meyakinkan audiens Anda secara efektif. Materi yang Anda hadirkan secara lisan harus memiliki bahan yang sama seperti apa yang dibutuhkan untuk penelitian tertulis kertas, yakni logis dari kemajuan PENDAHULUAN (Tesis pernyataan) ke tubuh (mendukung argumen kuat, akurat dan up-to-date informasi) ke KESIMPULAN ( kembali negara tesis, ringkasan, dan kesimpulan logis) merupakan bagian yang diperlukan dalam presentasi.

Jangan membaca dari catatan untuk memperpanjang waktu walaupun cukup dapat diterima sekilas pada catatan. Berbicara keras dan jelas yakinkan suara anda, jangan mengomel. Jika Anda melakukan kesalahan, benar, dan terus terjadi. Tidak perlu minta maaf atau membuat alasan-banyaknya hal itu bisa mengurangi pandangan audiens.

Terus mempertahankan Kontak mata dengan audiens Anda. Menggunakan metode 3 detik, melihat langsung ke dalam mata orang di khalayak ramai selama 3 detik pada suatu waktu. Ada kontak mata langsung dengan sejumlah orang di ruang tersebut, dan sekali-sekali sekilas di seluruh audiens sambil berbicara. Anda menggunakan kontak mata untuk membuat setiap orang dalam audiens Anda merasa terlibat dan menyakinkan bahwa semuanya dapat dimengerti oleh semua audiens dari apa yang dipresentasikan.

Berbicara kepada khalayak dengan bai, mendengarkan pertanyaan mereka, artinya mampu Menanggapi reaksi mereka, sesuaikan dan menyesuaikan diri itu lebih baik. Jika apa yang telah disiapkan ada yang tidak jelas untuk mendapatkan seluruh audiens Anda, maka dipandang perlu mengubah strategi pertengahan streaming yang baik jika Anda siap untuk melakukannya. Perlu diketahui bahwa komunikasi adalah kunci sukses untuk presentasi. Jika anda kekurangan waktu, tahu apa yang dapat dengan aman tersentuh. Jika Anda memiliki waktu ekstra, tahu apa yang bisa ditambahkan secara efektif. Selalu siap untuk tidak terduga dari apa yang anda pikirkan dalam materi yang dipresentasikan.
Berikan audiens Anda sendiri dan sedikit waktu untuk berpikir dan menangkap materi yang disampaikan. Jangan menggunakan seperti dalam berlomba dan seperti dikerjar-kejar lebih baik materi presentasi dan membiarkan pemirsa Anda melihat dan menelaah, serta Anda sendiri tidak seperti tergesa-gesa dalam masa presentasi tersebut.

Tambahkan humor kapanpun dan sesuai mungkin dalam presentasi Anda. Audiens tetap tertarik sepanjang seluruh presentasi dengan adanya hal tersebut. Ingat bahwa pembicaraan yang menarik membuat waktu terbang, tapi akan membosankan bila bicara selalu dan tereus menerus serta terlalu lama untuk bertahan meskipun presentasi waktu yang sama akan tetapi jika diselingi oleh humor maka audiens akan merasa waktu presentasi itu terasa singkat, sampai penutupnya menjadi menarik.

Bila menggunakan alat bantu audio-visual untuk meningkatkan presentasi, Pastikan semua peralatan yang diperlukan dan sudah diatur dalam rangka kerja sebelum presentasi. Jika memungkinkan, ada sistem cadangan darurat tersedia untuk mencegah hal-hal yang tidak terduga. Memeriksa lokasi di depan tempat duduk untuk memastikan penyajian materi presentasi untuk audiens, seperti papan tulis, pencahayaan, lokasi proyeksi layar, sound system, dll yang cocok untuk presentasi dan selama diperlukan.

Setelah siap dan memberikan presentasi di waktu yang tepat. Bawalah para audiens merasa penting dan di depan waktu yang akan memberikan sebuah presentasi Anda sehingga mereka tidak akan membuang waktu karena daya tarik yang diberikan dari presentasi tersebut. Ada hal yang tidak perlu seperti mencatat waktu selama presentasi, misalnya Anda diberikan waktu 30 menit usahakan untuk menyelesaikannya dalam waktu maksimal 3/4 dari waktu yang disediakan jika bisa lebih singkat lagi dan tepat.

Tahu kapan untuk berhenti berbicara. Gunakan waktu semaksimal mungkin sehingga dari waktu ke waktu ketika mempersiapkan presentasi di rumah sudah sesuai dengan yang diharapkan. Sama seperti anda tidak menggunakan kata-kata yang tidak perlu ditulis dalam kertas, Anda tidak akan membuat bosan audiens Anda dengan kata-kata berulang-ulang atau yang tidak perlu dalam presentasi lisan. Untuk mengakhiri presentasi, meringkas poin utama Anda dengan cara yang sama seperti yang biasa Anda lakukan dalam KESIMPULAN tertulis dari kertas. Ingat, bagaimanapun, bahwa terdapat perbedaan antara kata-kata yang digunakan sesuai dengan telinga dan resmi tertulis kata-kata yang dimaksudkan untuk membaca. Hentikanlah presentasi yang menarik dengan kata-kata yang sesuai atau pokok. Pendengar dengan meninggalkan jejak rekam yang positif dan pada saat selesai anda mendapat nilai yang memuaskan. Jangan mengulang-ulang saat Anda menutup sambutannya. Terima kasih adalah hal yang dianjurkan pada saat presentasi tersebut telah selesai lalu Anda duduk kembali.

Selamat Mencoba, Semoga Sukses

1 Comment

  1. Sebelumnya salama kenal. Saya coba sedikit-sedikit ya pak, semoga tulisan ini menambah pengetahuan saya tentang makna dari persentasi. Amin.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s