ICT dan SDM di Indonesia

ICT pada umumnya sudah pada mengetahuinya, tapi yang jadi pertanyaannya adalah apakah kita sudah bisa menguasai ICT, tentu jawabanya pasti beragam. Saya juga belum terlalu menguasai akan keberadaan ICT dan mempraktekannya akan tetapi sedikit demi sedikit pasti kita bisa menguasainya ya apa tidak. Dunia ICT atau lebih dikenal dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah menjamah keberbagai belahan Dunia termaksud Indonesia, yang kita pahami pasti belum sepenuhnya kita bisa terapkan dalam kenyataanya.

Banyak sekali yang menjadi faktor dari penguasaan ICT hal yang paling banyak ditemui adalah SDM, mengapa SDM ya seperti kita ketahui bahwa peranan SDM sangat signifikan karena dengan SDM yang mempuni maka keberadaan ICT akan terasa lebih mudah dan juga bisa berjalan bersama-sama. Tapi pada kenyataanya dari jutaan penduduk Indonesia kurang dari 40% yang bisa menguasainya bahkan Kkurang lebih dari itu. Hal ini terbukti bahwa untuk penggunaan Media ICT salah satunya Internet Indonesia berada di peringkat 20an kebawah di lingkungan Asia yang menduduki peringkat pertama masih dikuasai oleh Jepang dan China di urutan kedua. Inilah PR kita yang harus kita benahi hal ini dilakukan agar perkembangan Iptek dan SDM bisa selaras dan adanya balancing untuk keduanya.

ICT dan SDM di Indonesia berada pada level ya boleh dikatakan sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan sudah banyaknya media ICT yang banyak beredar di lingkungan masyarakat salah satu contohnya adalah keberadaan Warnet yang sudah banyak kita jumpai. Dalam hal ini keberadaan Warnet umumnya banyak terdapat di lingkungan perkotaan akan tetapi masih banyak di pelosok pedesaan yang belum terjamah. Bagaimana cara mengatasinya, ya inilah yang perlu kita pikirkan dan kita lakukan dalam hal pengembangannya. Untuk itu semua pihak harus bisa terlibat baik itu lingkungan Pemerintahan, Swasta dll untuk membantu pengembangannya. 

Belum lama ini kita menyelenggarakan hajatan besar untuk pesta demokrasi di Negara kita tercinta Indonesia, Siapa yang menang itu ga penting yang terpenting mampu membawa Indonesia kearah yang lebih baik dan terus berkembang kearah kemajuan bukan kemunduran. KPU sebagai tombak penyelenggara yang bebas dari pengaruh pemerintahan diuji akan keberasilannya dan juga kinerjanya, saat ini banyak sekali yang menjadikan KPU merosot kinerjanya dari DPT dll hal inilah yang bisa kita ketahui secara umum. Setelah Pemilu KPU menyelenggarakan Tabulasi Nasional dimana fungsinya merupakan penghitungan elektronik untuk memberikan informasi kepada masyarakat akan suara yang doiperoleh walaupun belum sepenuhnya.

Bayangkan dalam tabulasi nasional yang menganggarkan 100 miliaran dari uang rakyat dan lagi dilaksanakan di Hotel mewah akan tetapi hasilnya jauh api dari panggang. Pemilu tahun sebelumnya bisa mencapai 90an juta suara akan tetapi pada tahun ini hanya 12an juta suara yang berhasil dicapai di pusat tabulasi nasional bukankah ini merupakan kemunduran atau ada kekurangan.

Tidak bisa kita pungkiri dari berita-berita yang beredar baik di Televisi, Media Cetak dll bahwa KPU kekurangan SDM yang mempuni akan ICT sehingga terjadi keterlambatan penghitungannya. Salah satu contoh KPU mempermasalahkan akan Server dari Pusat tabulasi tersebut, jika SDM yang menguasai ICT tentu ini hanya perkara yang kecil karena sebagai orang yang mengerti akan ICT tentu sudah diperkirakan sebelumnya dan juga bagaimana cara memasukan data dari KPUD setempat ke KPU pusat jika tidak ada pelatihan atau sosialisasi tentu hal ini bisa diminimalisir. Itulah sebagian  contoh yang perlu kita garis bawahi akan keberadaannya dan semoga pada pemilu berikutnya tidak terulang kembali agar Demokrasi Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi.

ICT dan SDM Indonesia perlu kita kembangkan agar nantinya menjadikan kita sebagai bangsa yang maju dan berteknologi yang medern, semoga saja itu bisa terwujud. Perlunya kerjasama antar semua pihak yang terlibat juga mempengaruhi akan kemajuan tersebut. Kita sebagai WNI dan menjadi penerus akan generasi Indonesia mendatang patuh kita kembangkan dan teruskan untuk menggapai perkembangan Indonesia yang benar-benar Maju disegala bidang dan tidak kalah lagi oleh baik itu di lingkungan ASEAN, ASIA dan Dunia. Jangan jadi negara yang Menjiblak saja tapi menjadi negara yang pembuat. Teruskan perjuangan para pahlawan kita salah satunya tidak buta akan ICT di Negara kita tercinta INDONESIA,  L A N J U T K A N.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s