Belajar Dari Kesalahan Dan Pengalaman

Ada istilah mengatakan: Hanya Keledai yang jatuh pada lubang yang sama, dan juga ada yang berkata bahwa Pengalaman adalah guru yang sangat baik, Dua istilah itu memang tidak asing lagi ditelinga kita karena pasti kita pernah mendengarnya. Kenapa sich kita harus belajar dari kesalahan dan pengalaman, bagaimana caranya belajar dari kedua hal tersebut. Itulah yang perlu kita tuntaskan dan kita temukan, indikasi kedua hal tersebut sungguh sangat berarti walaupun belajar itu tidak dari kedua hal  tersebut masih ada dengan cara mengikuti pelatihan, kursus  dll tapi kita harus bisa belajar dari manapun dan dari apapun yang memberikan kita pelajaran yang berarti dan memberikan kita hal yang sangat membuat kita merasa menemukan hal yang berguna. 

Hanya Keledai yang jatuh pada lubang yang sama, istilah ini mungkin sedikit menyamakan kita dengan keledai tapi jika kita melakukan kesalahan yang sama. kenapa harus keledai, ya seperti kita ketahui bahwa keledai itu memang banyak orang yang mengidentifikasikan bahwa seekor binatang yang “””””””””””””””””, nah kalau kita melakukan kesalahan kedua kali atau lebih pada kesalahan yang sama apa kita tidak seperti itu..?? Jika kita tidak mau seperti itu maka jangan mengulangi kesalahan yang sama, benar tidak. Kesalahan yang kita telah lakukan hendaklah menjadikan modal kita untuk menjadi lebih baik lagi dan juga mampu membangkitkan kita untuk terus melakukan hal yang baik dan juga membuat kita semakin terasa menjadi kekuatan yang menopang akan kehidupan. Kesalahan pasti pernah kita lakukan akan tetapi apakah bisa kita mengambil hikmah atau manfaat atau juga pelajaran yang terkandung dari kesalahan itu. Jika kita bisa mengambil hal yang bermanfaat dan juga baik pasti kita akan berfikir untuk membuat lebih baik lagi dan berupaya senantiasa tidak mengulangi kesdalahan tersebut.

Adakalanya kesalahan itu kita perbuat tanpa kesadaran dan jaug dari akal sehat kita sedangkan kita harus bisa belajar dari kesalahan yang pernah kita perbuat. Janganlah meremehkan kesalahan yang kecil maupun besar akan tetapi kesalahan yang besar ada karena kesalahan yang kecil ditumpuk-tumpuk sehinggan menjadi besar seperti Bola Salju kurang lebihnya. Kita sebagai mahluk yang diberikan akal dan fikiran sungguh tidak layak jika perbuatan kita sama seperti Binatang yang tidak mengetahui mana yang salah dan mana yang benar oleh karena itulah kita harus berupaya melakukan hal yang terbaik untuk mencapai hal yang baik pula. Belajar itu tidak hanya dari satu atau dua hal tapi bisa belajar dari banyak hal tergantung bagaimana kita mau dan mengidentifikasikan hal tersebut menjadi baik untuk kita. Bagaimana kita belajar dari kesalahan? Jawabannya adalah mengidentifikasikan dan juga mencari hal yang baik dan bermanfaat dari kesalahan yang kita perbuat sehingga tidak mengulanginya. Temukan hal positif dari setiap kesalahan yang kita perbuat dan jugu berupaya menanamkan kaedah atau manfaat yang senantiasa bermanfaat khususnya untuk kita sendiri.

Pengalaman adalah guru yang sangat baik, itu benar. Banyak orangyang sukses karena kaya akan pengalaman, coba kita lihat orang disekitar kita yang mempunyai pengalaman yang sangat belajar ibaratnya sudah makan asam garam kehidupan. Apa hubungannya pengalaman dengan belajar, jawabannya ada hubungannya yaitu kita bisa mengetahui hal yang sangat berguna dan membuat itu berarti karna kita punya pengalaman dan pengalaman itulah yang mengajarkan kita untuk menjadi lebih lagi. Belajarlah dari pengalaman, mungkin kita pernah mendengarkan hal tersebut dan itu membuat kita berfikir akan hal tersebut ya tidak. Guru yang baik adalah Pengalaman yang mengajarkan kita menjadi lebih baik lagi dan terus berupaya membangun hal menjadi lebih sempurna ya walaupun kesempurnaan itu tidak bisa kita miliki.

Coba lihatlah seorang ahli ICT mereka bisa melakukan atau membuat hal yang baru karena punya pengalaman, Seorang Guru atau Dosen yang berpengalaman tentu tahu bagaimana mengajar dan memberi pelajaran yang baik untuk proses pembelajaran. Kita lihat lagi seorang karyawan atau pimpinan bisa melakukan hal yang bagus karena mereka tahu dan sudah berpengalaman tentunya pada bidang yang dikuasainya. Itulah sedikit dari cerminan yang bisa diperihatkan akan peran pengalaman dalam diri seseorang untuk membangun menjadi lebih baik dan senantiasa memperbaiki lagi dan tidak puas dengan satu pekerjaan.

Kenapa kita harus belajar dari pengalaman? jawabannya adalah karena pengalaman merupakan guru yang sangat baik untuk kita. Loch kok, guru yang sangat baik ya iyalah masa ya iya donk. Guru itu bukan hanya berupa sesosok yang nyata tapi juga bisa berupa guru yang tidak nampak tapi bisa kita rasakan keberadaannya jika kita mau mengetahui hal yang baik dari hal tersebut. Lalu bagaimana belajar dari pengalaman, hubungannya apa? Belajar dari pengalaman seperti yang telah disampaikan kita harus jeli melihat hal sekalipun hal tersebut sangat kecil tapi yang terpenting kita harus bisa mengambil manfaat dan senantiasa bermanfaat. Nah hubungan pengalaman untuk belajar apa? Jawabannya adalah seorang yang berpengalaman pasti bisa mengerjakan suatu hal menjadi sangat baik karena pengalaman yang dimilikinya. Pengalaman juga mengajarkan kita akan sebuah keberhasilah dan menjadikan kita sebagai seorang yang kaya pengalaman dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupannya.

Belajar dari kesalahan dan pengalaman merupakan hal yang positif untuk diri kita mencapai hal yang baik pula sehingga kita bisa mengetahui apa-apa yang kita bisa ambil dan pelajari dari kesalahan dan penglaman yang memberikan kita sesuatu hal yang tak ternilai harganya. Mari kita belajar dan berupaya menjadikan kita sebagai orang yang berguna dangen belajar dari kesalahan dan pengalaman untuk memperkaya kita dan juga sebagai modal kita untuk terus mewujudkan kita menjadi seorang yang penuh makna. Yang terpenting juga jangan takut untuk melakukan kesalahan tapi yang perlu kita takuti adalah tidak bisa memperbaiki dari kesalahan yang diperbuat dan mampu dupertanggung jawabkan. Berani karena benar takut karena salah itu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam hidup kita ini.

Salam

” From Me”

2 Comments

  1. mas, aku pengen belajar wordpress, tapi kok susah ya..???
    ni lagii blogger aja, btw tukeran link gitu naikin PR gag????
    thx,.,.

  2. thank


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s