ICT, Sudahkah Menguasainya….?????

Dunia ICT semakin canggih salah satunya untuk dunia pendidikan tapi apakah itu sudah dimanfaatkan dengan baik oleh kita semua.?? Sulit dipercaya memang jika kita menilik pada dunia yang satu ini dimana alam informasi dan komunikasi semakin mudah dan siapa saja bisa mengaksesnya tanpa adanya batasan waktu dan tempatnya. Gema ICT bukan hanya bisa dilihat tapi harus kita imbangi dengan salah satunya menguasai haln tersebut sehingga kita tidak menjadi yang terbelakan dan selalu tertinggal oleh orang lain. Jika melihat Indonesi yang merupakan bangsa yang besar, bangsa yang seharusnya mampu memproduksi bukan hanya menjadi Negara pemakai tapi kalau bisa menjadi Negara pemproduksi, Kapan ya…?? ICT memang sangat kompleks dalam penggunaanya mulai dari bahasa yang ada dalam bahasa ICT yang memakai bahasa Asing terutama Bahasa Inggris, hal tersebut sebagai salah satu penghambat penguasaan ICT tersebut. Kemampuan kita akan ICT juga masih banyak yang belum bisa menguasai bahkan memakainya saja tidak pernah bagaimana bisa menguasainya.    

Fenomena klasik ini memang sedang bergema sejagad raya ini, akan tetapi jika kita bisa menerapkan bahkan memanfaatkannya pasti sangat berguna bagi kita semua ya tidak..??? Kita boleh saja menjdai Bangsa yang besar tapi apa pantas jika Bangsa yang besar tidak bisa menguasai ICT, tentu itu salah besar. Untuk itulah siapkah dan sudahkah kita bisa memanfaatkan ICT untuk kegunaan yang hal yang baik baik itu untuk pendidikan dan lain-lain. Apa saja sich yang menjadi bagian dari dunia ICT pastinya kita telah mengetahuinya yang sebut saja mulai dari KOMPUTER dan juga INTERNET yang merupakan media yang sangat membantu kita semua untuk melakukan proses apa saja, Benar tidak..???

Indonesia melek ICT, Go ICT sepertinya pantas sekali bergema untuk kita bersama dan kemajuan semua. Jika kita meilhat keatas terdapat gambar Seekor binatang sedang memainkan sebuah Laptop hal ini bisa menandakan bahwa kita itu tidak seharusnya kalah sepeti gambar tersebut. Karena apa, ya jelas sekali kita banyak kelebihannya, mulai dari akal pikiran dan juga yang lainnya yang tidak dimiliki oleh yang lain. Kita lihat kembali negara tetangga kita diseberang sana yaitu Singapore jelas sekali perbedaannya, mulai dari luas Negara sampai jumlah penduduk tapi jika dibandingkan dari segi ICT tentu kita Indonesia masih kalah dibandingkan dengan Singapore oleh karena kita harus bisa menjadikan Negara kita sebagai Macannya ICT, Bisa tidak ya..???? Jawabannya pasti bisa asal ada kemauan disitu banyak jalan.

Kita kembali lagi kepersoalan Singapore dengan ICTnya, Benar memang mengapa negara yang ibarat hanya sepulau apalah yang tidak lebih bersar tapi bisa maju terutama ICTnya. Tentu kita sebagai Bangsa yang besar harusnya bisa lebih dari Negara-negara tetangga bahkan bukan hal yang tidak mungkin menjadi penguasa ICT didunia sekali lagi pertanyaannya bisa tidak itu terwujud…??? Indonesia bisa menjadi Negara produktif dalam hal ICT tahun berapa ya, jika melihat keadaan sekitar kita menggunakannya saja masih samar-samar bahkan dipedalaman saja ada yang tidak tahu apa itu Komputer bahkan internet sekalipun nah kalau sudah begini siapa yang disalahkan, hayo siapa…???

Hayo kita manfaatkan ICT untuk hal yang baik bukan sebagai hal yang Negatif, pasti bisa. Memang kelebihan ICT terutama internet banyak informasi yang ada didalamnya tapi banyak pula hal yang negatifnya terutama bagi yang belum cukup umur untuk mengakses situs tersebut ya itu memang tugas kita untuk mengontrol dan mengawasi hal tersebut sehingga tidak disalahgunakan. Ayo kita perbaiki dan kita kuasai ICT apa susahnya sich, yang susah itu jika tidak ada kemauan untuk mengguasainya. Kemiskinan memang masih kendala tapi Saya teringat sebuah kesimpulan yang dilontarkan yaitu orang atau bangsa yang benar-benar miskin adalah orang atau bangsa yang bermimpi saja tidak bisa, sungguh pernyataan yang sangat dalam.

Mari kita tunjukan kepada bangsa lain bahwa INDONESIA BISA, bisa menjadi segalanya asal jangan bisa jadi Bangsa yang terkorup, banyak hutang. Marilah kita bangun INDONESIA tercinta kearah kemajuan yang sebenarnya sangat dekat bagi kita hanya saja kita masih tertidur pulas. GO INDONESIA, GO DUNIA PENDIDIKAN, GO ICT.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s