Pemanfaatan ICT Untuk Pembelajaran, Sudahkah…????

Internet merupakan mediasi ICT yang perlu kita kuasai, yang menjadi pertanyaannya adalah Sudahkah kita Melek internet sebagai mediasi ICT…??? Tentu jawabanya beragam bahkan ada juga yang tidak kalah penting bahwa ada juga yang belum bisa menguasai Internet sebagai mediasi ICT. Pemanfaatan ICT untuk pembelajaran sangat baik, salah satunya untuk Guru, sebagai salah satu pendidik dan juga pengajar yang dituntut untuk bisa menguasai media tersebut, apakah hal ini sudah bisa diterapkan bahkan terkadang media seperti komputer saja masih banyak yang belum punya terutama di Sekolah-sekolah hayo salah siapa, dan mengapa demikian..?? itulah PR yang perlu kita kerjakan secara bersama-sama, baik itu Pemerintah, Lembaga Pendidikan, LSM dan pihak Swasta yang terkait untuk bekerjasama mengatasi hal tersebut. 

Dalam kesempatan yang saya ikuti yaitu dalam Seminar Internasional di Bandung dengan Tema ” Akselerasi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pemanfaatan ICT”, yang Keynote Speakernya yaitu Menteri Sekertaris Negara yaitu Bpk. Ir. M. Hatta Rajasa yang pada intinya Beliau menyampaikan dalam Seminar kali ini ialah Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar, jika dibandingkan dengan Singarope yang hanya ibaratnya sepulau Bali tapi pendapatan per kapitanya jauh lebih besar dari Indonesia mengapa demikian lanjut Beliau yaitu karena Singapore menguasai dunia ICT bahkan bisa memproduksi dan memasarkannya padahal luas Negaranya jika dibandingkan dengan Indonesia tidak ada apa-apanya, benar tidak..??? Beliau juga menyampaikan bahwa Kita sebagai Bangsa Indonesia harus bisa menuju bangsa yang creartor bukan bangsa yang Dublicator yaitu hanya bisa menjiblak atau mencontoh, benar ga nich..??? Pada kesempatan Seminar ini yang umumnya yang hadir 90 % rata-rata dari Guru se-Bandung dan sekitarnya. Beliau juga mengupayakan akan kesejahteraan Guru dimana yang katanya anggaran pendidikan menjadi 20% dari anggaran pemerintah untuk tahun ini benar ga ya..?? Dari pemerintah sich Mungkin benar 20% tapi kalau sudah berjalan apakah itu murni 20% untuk dunia pendidikan jangan-jangan disuntik menjadi 17-18% lagi yang sampai ke rakyat atau bahkan hanya 15% hayo siapa yang salah jika sudah demikian.

Dalam kesempatan kali ini juga adanya program satu guru satu laptop, tapi pastinya ada persyaratannya ya ga, nah kalau bisa jangan terlalu rumit dan menyusahkan guru, Seminar kali ini juga hadir Direktur Utama PT. Telkom dimana pada saat yang bersamaan da salah satu Guru yang bertanya Akan keberadaan Internet yang dimediasi oleh Perusahaan tersebut dimana dari data yang ada bahwa harga internet di Indonesia merupakan harga yang paling mahal dalam hal internet, nah pada kesempatan kali ini ada yang mengusulkan atau lebih tepatnya mendesak agar Internet khususnya untuk guru yaitu hanya 50 Ribu perbulan ditambah gratis Modemnya. tapi ga bisa langsung dijawab ya karena masih harus dibicarakan lebih lanjut ungkap beliau.

Seminar kali ini juga menghadirkan salah satu pembicara dari SEAMOLEC (Southeast Asian Minister of Education Organization Regional Open Learning Centre) dimana misinya yaitu ” To Be Centre of Expertice in Open Distance Learning”, dimana menitik beratkan pada penggunaan ICT untuk pembelajaran terbuka dan jarak jauh, tentunya kita tahu bahwa Indonesia merupakan dengara yang begitu luas sehingga proses pembelajaran tatap muka yang kita ketahui itu banyak sekali daerah-daerah yang tidak terjangkau dan juga adanya kemauan belajara akan tetapi karena kesibukan bekerja sehingga menyulitkan akan akses pembelajaran. Oleh karena itu kita perlukan adanya terobosan seperti ini yang bisa kita akses walaupun dengan keterbatasan waktu dan tempat.

Pemanfaatan ICT untuk proses pembelajaran sangatlkah baik dan dianjurkan mengingat pentingnya dunia pendidikan. seperti kita ketahui bahwa dalam pemanfaatan ICT untuk pembelajaran masih banyak yang belum bisa menguasai bahkan belum mengenalnya, ini masih terlihat banyak sekali yang perlu dikoreksi dan diperbaiki, salah satunya pada saat salah satu pembicara menanyakan, Apakah sudah memiliki Blog pribadi di Internet, Jawaban dari peserta seminar yang menjawab sudah memiliki Blog hanya 10 orang dari total peserta yang hadir yaitu 600 orang sungguh hal yang jika mengingat fungsi blog bisa digunakan untuk media pembelajaran yang sangat baik tapi nyatanya banyak yang tidak bisa atau belum punya blog tersebut.

Memang dalam menguasai ICT itu banyak sekali faktor yang ada didalamnya, salah satunya adalah Bahasa seperti yang disampaikan oleh Bpk Aris dalam materi seminarnya yaitu Penggunaan ICT banyak yang terkendala oleh penguasaan Bahasa terutama Bahasa Inggris, tentu kita ketahui bahwa keberadaan Bahasa Inggris dalam dunia ICT sangat banyak bahkan semua yang berhubungan ICT berbahasa Inggris tentunya. yuk kita manfaatkan ICT untuk proses pembelajaran agar kita tidak Gaptek “Gagap Teknologi” pasti dah ga asing tuch istilahnya ya ga.

Kesimpulan yang dapat kita dapati dari hal tersebut diatas sungguh miskin sekali jika kita tidak bisa memanfaatkan apa yang ada dilingkungan sekitar untuk hal yang baik, salah satunya yaitu pemanfaatan ICT untuk proses pembelajaran. kita harus bisa menguasai hal tersebut, ICT Untuk proses pembelajaran sangatlah memudahkan kita salah satunya membuat materi yang di upload, mendownload materi dll. Ayo kita belajar jangan jadi Bangsa yang Ketebelakang ya ga,, Setuju apa Setuju hayo…!!! Maju terus Bangsa Indonesia kibarkan semangat merah putih di angkasa raya…

GO INDONESIA, GO MERAH PUTIH,  GO ICT UNTUK PEMBELAJARAN, GO GURU, GO RAKYAT INDONESIA, GO THE FUTURE…

” Welcome to The New World”

1 Comment


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s