Bahaya Tidur Malam

Zat pada Ludah Manusia Dapat Percepat Penyembuhan LukaPara peneliti Belanda telah mengidentifikasi satu zat di dalam air ludah manusia yang mempercepat penyembuhan luka, demikian laporan mereka yang disiarkan Rabu di The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB).

Tim peneliti tersebut mendapati bahwa “histatin”, protein kecil di dalam air ludah yang sebelumnya hanya dipercaya membunuh bakteri bertanggung-jawab atas penyembuhan luka.

Penelitian itu mungkin menawarkan harapan kepada orang yang menderita luka kronis yang berhubungan dengan diabetes dan gangguan lain, serta luka traumatis dan luka bakar. Selain itu, karena zat tersebut dapat diproduksi secara massal, zat tersebut memiliki potensi untuk menjadi sama umumnya dengan krim antibiotik dan alkohol gosok.

“Kami berharap temuan kami pada akhirnya bermanfaat buat orang yang menderita luka yang tak kunjung sembuh, seperti borok di kaki dan luka akibat diabetes, serta bagi perawatan luka mengakibatkan trauma seperti luka bakar,” kata Menno Oudhoff, penulis pertama laporan tersebut, seperti dukutip Xinhua.

“Studi ini bukan hanya menjawab pertanyaan biologi mengenai mengapa hewan menjilati luka mereka,” kata Gerald Weissmann, Pemimpin Redaksi FASEB Journal.

“Itu juga menjelaskan mengapa luka di mulut, seperti luka setelah pencabutan gigi, sembuh jauh lebih cepat dibandingkan dengan luka pada kulit dan tulang. Itu juga mengarahkan kita untuk mulai memandang air ludah sebagai satu sumber bagi obat baru.”

Ingin Sehat dan Bugar, Jangan Jadi Wartawan!

Jangan jadi wartawan kalau ingin kesehatan dan kebugaran anda terjaga. Survei di Cina menyatakan, hampir seluruh wartawan mempunyai gaya hidup yang jauh dari pola hidup yang sehat yang membuat vitalitas mereka rendah.

Dari sebuah survei medis di Cina, yang dilansir oleh kantor berita Xinhua, ditemukan 97,5 persen pekerja media mengalami gangguan kesehatan. Secara umum, kondisi fisiknya lemah atau mudah sakit meskipun tidak ditemukan penyakit yang spesifik.

Survei ini mencakup dari hasil cek kesehatan dari 23.640 orang yang bekerja di media. “Ditemukan banyak pekerja media menunjukkan efek dari gaya hidup peerjaan mereka, banyak duduk, termasuk tidur larut malam, makan tidak teratur dan perokok berat.”

Dengan gaya hidup yang tidak sehat ini memang tidak ditemukan diagnosa yang spesefik dari penyakit mereka. “Tapi kelihatan dari kelelahan fisik, vitalitas kurang dan sistem imun yang rendah,” kutip survei medis itu.

Membaca Sifat lewat Tulisan Tangan

Tahukah Anda bahwa tulisan tangan Anda bisa menunjukkan siapa sosok Anda yang sebenarnya? Nah, Anda termasuk tipe yang mana?

Ukuran: Jika tulisan tangan besar, Anda termasuk tipe yang tak suka berpangku tangan, berdarah panas, dan cenderung egois. Ukuran sedang menunjukkan karakter yang supel dan praktis, sedangkan tulisan berukuran kecil menggambarkan tipe yang teliti, tepat, dan memiliki kekuatan konsentrasi yang mengangumkan.

Kemiringan:
Jika tulisan tegak tidak miring, Anda seorang yang bersifat efisien dan berpikiran jernih. Namun, jika tulisan Anda banyak menggunakan bermacam-macam tanda, bisa dikategorikan berkarakter sulit dan selalu perlu pertolongan jika harus membuat keputusan.

Sudut:
Cenderung lebih kuat ke kanan, Anda seorang yang butuh ketenangan. Jika kuat ke kiri, termasuk tipe mandiri. Tegak lurus, Anda seorang yang percaya diri dan jika semua tulisan tangan Anda bersambung, Anda adalah orang yang amat logis dan fleksibel.

Bau Saat Tidur Menentukan Mimpi

Apa yang Anda cium saat tidur mungkin akan menentukan seperti apa mimpi yang mungkin Anda alami. Hasil penelitian terakhir memang menunjukkan indikasi keterkaitan antara bau dengan mimpi.

Jika orang yang tidur diberi bau mawar, mimpinya pun menjadi berbunga-bunga. Sebaliknya, jika mencium bau telur busuk, mimpi buruk siap menghadang.

Meski demikian, bau-bauan tidak secara langsung menentukan jenis mimpi seseorang. Namun, bau-bauan terbukti mempengaruhi tingkat emosional mimpi seseorang.

“Jika bau memiliki pengaruh kuat terhadap emosi Anda saat bangun, ia juga punya pengaruh yang kuat saat Anda tidur,” ujar Boris Stuck, peneliti dari University Hospital Mannheim, Jerman yang mempresentasikan temuannya itu dalam pertemuan tahunan Akademi Otolaringologi Amerika-Bedah Kepala dan Leher baru-baru ini.

Dalam penelitiannya, Stuck menghadapkan bau mawar dan telur busuk kepada 15 perempuan sehat yang rata-rata berusia 20 tahunan. Perempuan muda sengaja dipilih karena memiliki sensor penciuman yang paling tajam.

Bau-bauan dialirkan dengan penuh seksama agar tidak sampai mengganggu dan membangunkan mereka saat tidur. Selama mereka tidur, aktivitas otaknya diamati. Saat mereka telah berada pada tahap REM (rapid eye movement), kondisi yang biasanya mimpi muncul, bau-bauan dilairkan ke lubang hidung selama 10 detik.

Setelah beberapa menit, masing-masing dibangunkan dan ditanya mimpi apa yang dialaminya. Mereka diuji selama tiga kali, masing-masing jiak diberi bau mawar, bau telur busuk atau sulfur, dan tanpa diberi bau apapun.

Hasil kesimpulannya menunjukkan bahwa bau-bauan yang wangi membuat mimpi indah. Sementara bau busuk membuat mereka mimpi buruk. Selama ini sensor penciuman diketahui terkait erat dengan sistem limbik pada otrak manusia yang mengatur emosi dan perilaku.

Pekerjaan Sesuai Tipe Kepribadian

Berdasarkan teori John Holland, seperti dijelaskan dalam situs Career Key, umumnya manusia dibedakan dalam 6 tipe kepribadian yaitu Realistic, Investigative, Artistic, Enterprising dan Conventional.

1. Tipe Realistik digambarkan sebagai orang yang memiliki skill bekerja dengan mesin, alat atau binatang. Umumnya menghindari aktivitas sosial seperti mengajar, penyembuhan dan penyuluh. Orang dengan tipe kepribadian seperti ini biasanya melihat diri mereka sebagai pribadi yang praktis, mekanis dan realistis. Contoh pekerjaan dalam lingkup ini adalah engineer, pilot atau petugas polisi.

2. Tipe investigative diuraikan sebagai orang yang gemar dan pandai memecahkan masalah. Mereka biasanya menghindari pekerjaan yang sifatnya memimpin, menjual atau memersuasi orang lain. Tipe ini melihat dirinya sebagai seorang yang presisi, scientific dan intelektual. Contohnya ahli kimia, dokter gigi, physician, ahli matematik.

3. Tipe Artistik suka melakukan aktivitas seni, drama, keterampilan tangan, menulis sastra. Umumnya, tipe ini menghindari aktivitas yang rutin, berulang serta pekerjaan yang sifatnya highly ordered. Tipe ini melihat dirinya sebagai pribadi yang ekspresif, orisinal dan independen. Contohnya, desainer pakaian, penari, komposer, editor buku, dan graphic designer.

4. Tipe Sosial suka menolong sesama serta pandai melakukan kegiatan seperti mengajar, konseling, merawat atau memberi informasi. Mereka biasanya menghindari pekerjaan yang berhubungan dengan mesin, alat atau binatang untuk mencapai suatu maksud. Tipe ini melihat dirinya sebagai pribadi yang suka menolong, bersahabat dan bisa dipercaya. Contohnya guru, konselor, perawat, pekerja sosial.

5. Tipe Enterprising suka memimpin, memengaruhi orang lain dan menjual gagasan. Umumnya menghindari aktivitas yang membutuhkan observasi mendalam dan pemikiran analitis. Tipe ini melihat dirinya sebagai pribadi yang enerjik, ambisius dan bisa bersosialisasi. Contohnya, sales, agen real estate, pengacara, hakim, manajer hotel.

6. Tipe Conventional suka bekerja dengan angka-angka, berkas-berkas dan segala yang serbateratur. Menghindari aktivitas yang tidak terstruktur dan “tidak jelas”. Tipe ini melihat dirinya sebagai pribadi yang teratur dan mengikuti sistem yang sudah baku. Contoh, sekretaris, teller bank.

Nah, Anda termasuk tipe yang mana?

Nyamuk Mandul Pembasmi DBD

Ali Rahayu bukan juru pemantau jentik sekalipun tiga tahun terakhir aktivitasnya tak jauh dari nyamuk. Kaca pembesar selalu dibawanya. Bukan alat bantu baca, melainkan alat untuk membedakan nyamuk jantan dan betina.

Sejak intens meneliti nyamuk, khususnya penular (vektor) demam berdarah dengue (Aedes aegypti), banyak pertanyaan membedakan jantan dan betina. Kaca pembesar diandalkan.

Sebenarnya proyek besar sedang dikerjakan Ali dan koleganya pada Pusat Aplikasi Teknologi Isotop dan Radiasi Badan Tenaga Nuklir Nasional (PATIR-Batan). Namanya, teknik serangga mandul (TSM).

Rencana pengendalian DBD dengan TSM digagas Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Biomedis dan Farmasi Departemen Kesehatan (Depkes). Mereka meminta Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi (PTKMR) Batan meneliti empat tahun lalu.

Sesuai dengan namanya, nyamuk jantan dimandulkan. Caranya, iradiasi sinar gamma yang membuat produksi sperma menjadi tidak normal.

Di laboratorium, hanya butuh tiga menit memandulkan 1.500 nyamuk jantan. Lima belas tabung (vial), masing-masing berisi 100 ekor nyamuk, dimasukkan sekaligus ke dalam tabung iradiator (Gamma chamber).

Dosis iradiasi 65-70 Gy memandulkan nyamuk jantan sekitar 98-100 persen, sedangkan si betina mati. TSM pernah diterapkan pada puluhan jenis serangga di Indonesia.

Namun, belum sekali pun pelepasliaran di alam. ”Baru akan dilakukan pertama kali untuk nyamuk,” kata Ali. Empat bulan ia mendalami teknik pemeliharaan nyamuk di Vienna, Austria.

Ia mengatakan, nyamuk hasil iradiasi aman bagi lingkungan. Tidak ada penyuntikan berdampak ”super” atau mutan pada nyamuk.

Bioinsektisida

Di alam, pelepasan nyamuk jantan mandul akan menimbulkan persaingan kawin. Secara alami, populasi nyamuk merosot karena kian banyak telur tak menetas.

Cara itu diyakini lebih efektif ketimbang model penyemprotan dan penyebaran abate. Penyemprotan tak membunuh jentik, malah membunuh hewan nontarget. Jangkauan penyebaran abate terbatas.

Tiga kali pelepasan uji coba di sekitar laboratorium PATIR Batan, populasi nyamuk menurun drastis. Seratus persen telur dari betina kawin jantan mandul tak menetas.

Di dunia, Italia merilis 900 nyamuk jantan mandul setiap minggu di kawasan seluas 10 hektar. Hasilnya positif dan masih berlangsung.

Melalui cara serupa, kasus ledakan DBD di Indonesia diharapkan turun signifikan. Begitu pula kasus chikungunya dengan nyamuk penular yang sama.

Rencananya, pelepasan perdana akan dilakukan tahun 2009 pada sebuah desa di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Desa itu endemik DBD dan malaria.

Kini, serangkaian sosialisasi dilakukan Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit Depkes. Bersama Batan, mereka akan melatih warga penerima transfer teknologi.

Potensi kesalahpahaman patut diantisipasi. Jangan sampai pelepasliaran nyamuk justru dinilai warga sebagai pemicu DBD.

Biaya murah

Dibandingkan dengan penyemprotan, pengendalian nyamuk dengan TSM lebih murah. Ongkos pembesaran per ekor nyamuk paling mahal satu rupiah.

Mengacu sensus dan tipe penularan virus DBD, ledakan DBD tak identik dengan populasi nyamuk betina berjumlah besar. Namun, hal itu lebih disebabkan efektivitas penularan.

Nyamuk betina mengisap darah berulang atau berpindah untuk mematangkan telur. ”Bisa cukup sekali isap, bisa juga setelah beberapa orang,” kata peneliti lalat dan nyamuk (diptera) Puslit Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Awit Suwito.

Karena itu, Italia hanya melepaskan 900 nyamuk jantan mandul per pekan pada kawasan 10 hektar. Untuk satu rukun tetangga (RT), setiap bulan bisa jadi di bawah 1.000 ekor.

Di lapangan, efektivitas TSM pada nyamuk Aedes aegypti memang butuh bukti. Namun, Ali dan koleganya sudah meneliti pengendalian nyamuk penular malaria, Anopheles maculatus, dan penular penyakit kaki gajah (filariasis) dengan cara sama. Hasilnya, patut diajungi jempol.

Zat pada Ludah Manusia Dapat Percepat Penyembuhan Luka

Para peneliti Belanda telah mengidentifikasi satu zat di dalam air ludah manusia yang mempercepat penyembuhan luka, demikian laporan mereka yang disiarkan Rabu di The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB).

Tim peneliti tersebut mendapati bahwa “histatin”, protein kecil di dalam air ludah yang sebelumnya hanya dipercaya membunuh bakteri bertanggung-jawab atas penyembuhan luka.

Penelitian itu mungkin menawarkan harapan kepada orang yang menderita luka kronis yang berhubungan dengan diabetes dan gangguan lain, serta luka traumatis dan luka bakar. Selain itu, karena zat tersebut dapat diproduksi secara massal, zat tersebut memiliki potensi untuk menjadi sama umumnya dengan krim antibiotik dan alkohol gosok.

“Kami berharap temuan kami pada akhirnya bermanfaat buat orang yang menderita luka yang tak kunjung sembuh, seperti borok di kaki dan luka akibat diabetes, serta bagi perawatan luka mengakibatkan trauma seperti luka bakar,” kata Menno Oudhoff, penulis pertama laporan tersebut, seperti dukutip Xinhua.

“Studi ini bukan hanya menjawab pertanyaan biologi mengenai mengapa hewan menjilati luka mereka,” kata Gerald Weissmann, Pemimpin Redaksi FASEB Journal.

“Itu juga menjelaskan mengapa luka di mulut, seperti luka setelah pencabutan gigi, sembuh jauh lebih cepat dibandingkan dengan luka pada kulit dan tulang. Itu juga mengarahkan kita untuk mulai memandang air ludah sebagai satu sumber bagi obat baru.”

Tidur Larut Malam Penyebab Kanker Hati

Tidur Larut Malam Penyebab Kanker Hati

Para dokter di National Taiwan Hospital baru-baru
ini mengejutkan dunia kedokteran karena ditemukannya
kasus seorang dokter muda berusia 37 tahun yang
selama ini sangat mempercayai hasil pemeriksaan
fungsi hati (SGOT, SGPT), tetapi ternyata saat
menjelang Hari Raya Imlek diketahui positif
menderita kanker hati sepanjang 10 cm!

Selama ini hampir semua orang sangat bergantung pada
hasil indeks pemeriksaan fungsi hati (Liver Function
Index). Mereka menganggap bila pemeriksaan
menunjukkan hasil index yang normal berarti semua
OK. Kesalahpahaman macam ini ternyata juga dilakukan
oleh banyak dokter spesialis. Benar-benar
mengejutkan, para dokter yang seharusnya memberikan
pengetahuan yang benar pada masyarakat umum,
ternyata memiliki pengetahuan yang tidak benar.
Pencegahan kanker hati harus dilakukan dengan cara
yang benar.

Tidak ada jalan lain kecuali mendeteksi dan
mengobatinya sedini mungkin, demikian kata dokter
Hsu Chin Chuan. Tetapi ironisnya, ternyata dokter
yang menangani kanker hati juga bisa memiliki
pandangan yang salah, bahkan menyesatkan masyarakat,
inilah penyebab terbesar kenapa kanker hati sulit
untuk disembuhkan.

Penyebab utama kerusakan hati adalah :

1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama

2. Pola makan yang terlalu berlebihan.

3. Tidak makan pagi.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.

5. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan
pengawet, zat tambahan, zat pewarna,
pemanis buatan.

6. Minyak goreng yang tidak sehat! Sedapat
mungkin kurangi penggunaan minyak goreng saat
menggoreng makanan hal ini juga berlaku meski
menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti
olive oil. Jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng
bila kita dalam kondisi penat, kecuali dalam kondisi
tubuh yang fit.

7. Mengkonsumsi masakan mentah (sangat
matang) juga menambah beban hati. Sayur mayur
dimakan mentah atau dimasak matang 3/5 bagian. Sayur
yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga,
jangan disimpan.

Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa
mengeluarkan biaya tambahan. Cukup atur gaya hidup
dan pola makanan sehari-hari. Perawatan dari pola
makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh
kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan
zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan jadwalnya,

Sebab:

@ Malam hari pk 9 – 11: adalah pembuangan
zat- zat tidak berguna/beracun (de-toxin) dibagian
sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama
durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana
tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu
seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang
tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau
mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak
negatif bagi kesehatan.

@ Malam hari pk 11 – dini Hari pk 1: saat
proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung
dalam kondisi tidur pulas.

@ Dini hari pk 1 – 3: proses de-toxin di
bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

@ Dini hari pk 3 – 5: de-toxin di bagian
paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat
bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena
proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran
pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar
supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

@ Pagi pk 5 – 7: de-toxin di bagian usus
besar, harus buang air di kamar kecil.

@ Pagi pk 7 – 9: waktu penyerapan gizi
makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi
orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu
sebelum pk 6:30. Makan pagi sebelum pk 7:30 sangat
baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya.
Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah
kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat
makan pagi hingga pk 9-10 daripada tidak makan sama
sekali. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang
akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak
berguna. Selain itu,dari tengah malam hingga pukul 4
dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang
untuk memproduksi darah. Sebab itu, tidurlah yang
nyenyak dan jangan terlalu sering begadang.

1 Comment

  1. pertamax…….

    wah bahaya banget yah


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s