Hati2 Loch “Radiasi Ponsel Bikin Sperma Loyo”

Jakarta – Setelah studi yang menyebutkan penggunaan ponsel membuat anak rentan kanker, kini sebuah studi yang digagas oleh Cleveland Clinic kembali memperkuat bahwa radiasi ponsel juga bikin sperma loyo.

Sebelumnya, Cleveland Clinic juga pernah melakukan studi serupa yang menyatakan kaum lelaki yang menghabiskan waktu berjam-jam melakukan panggilan via ponsel memiliki resiko penurunan jumlah sperma.

Kini studi lanjutan mencoba mengambil sampel sperma dari 32 subjek dan didekatkan 2,5cm dengan ponsel yang mengeluarkan sinyal. Jarak tersebut disimulasikan berdasarkan kebiasaan pria yang mengantongi ponselnya dimana jaraknya dekat alat kelamin mereka.

“Karena banyak orang menggunakan handsfree untuk karena isu kesehatan dan radiasi, namun kini lebih penting lagi untuk dipelajari dan memberikan pengertian bahwa sinyal radiasi yang paling besar adalah sumbernya yang diletakkan menempel dengan anggota tubuh mereka yang lain,” ujar Dr Edmund Sabanegh, salah satu tim periset seperti dikutip detikINET dari Vnunet, Rabu (24/9/2008).

Lebih lanjut dijelaskan, sperma tersebut diekspos dengan sinyal frekuensi 850MHz selama satu jam dan memperlihatkan penurunan vitalitas yaitu penurunan jumlah antioksidan pada sperma yang mempengaruhi kegesitan serta kelangsungan hidup sperma menjadi jauh lebih pendek.

“Ini merupakan penemuan baru, walau kita menggunakan sampel yang sedikit tapi kini kita bisa mengembangkan studi lebih lanjut terkait dengan hasil yang telah ditemukan,” tandas Dr Sabanegh.

resources by www.detik.com

5 Comments

  1. kalo ponsel itu memang membahayakan dan terlalu banyak radiasi nya, ya di stop aja produksi nya. kembali ke telegram!

  2. selamat idul fitri 1429H, mohon maaf lahir & bathin yaaa.. ^_^

  3. nggak usah telegram lebih aman pake merpati post

  4. Allahu Akbar 3x Walillahhilhamd
    Taqobballahuminna waminkum Taqobbal ya karim.
    Selamat Iedul Fitri 1249 H.
    Mohon maaf lahir dan bathin.
    Semoga sukses

  5. wah gitu ya?


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s