Tips Membeli Laptop

1. Siapkan uang, ini paling penting, kalau belum ada ya sebaiknya tidak usah ke toko komputer dulu nanti malah ngeces ketes-ketes merusak komputer yang dipajang. Dan biasanya juga membuat tambah bernafsu, bagi yang tidak kuat iman dan tergoda jadinya ngutang deh.

2. Jangan beli jangkrik, apalagi kecoak ! maksudnya jangan beli rakitan sembarangan, kalau cuma suka ngerik masih mending, kalau suka loncat-loncat itu repot nangkapnya, apalagi kalau suka mengaku tewas sendiri (maksudnya ‘hang’ gitu loh…). Pilih merk yang baik, cari atau tanya referensi dulu merk yang terkenal atau populer agar tidak salah pilih, misalnya merk Donna Karan itu jelas bukan merk komputer, itu tanya Mamak Jepi aja yak…

3. Pilih spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget, tidak perlu memilih spek terbaru yang ada di pasaran tapi hanya untuk ngetik email, baca koki & forum, gang bang atau balapan koko, kalau buat ini cukup menggunakan pentium I tapi gunakan akses internet pita-luebarrr-tenan 3,5G dijamin cukup mampu untuk ngalahin tukang songkro.

4. Tukang proses dan papan mamak, (baca baik-baik, bukan tukang protes lho!) pilihlah yang cukup baik, tidak perlu yang tercepat, tertinggi, terkuat (citius – altius – fortius, eh ini sih motto olympiade yak), sebaiknya disesuaikan dengan perangkat empuk yang akan digunakan. Bisa memilih yang berotak satu atau berotak ganda/dua tapi jangan yang berotak udang nanti bau amis komputernya.

5. Perangkat empuk, pilih sesuai kemauan dan kemampuan, sebaiknya jangan yang ilegal yak, ini sudah pernah saya singgung sedikit di http://www.kompascommunity.com/index.php?fuseaction=home.detail&id=38031&section=92 atau artikel bung Antasena http://www.kompascommunity.com/index.php?fuseaction=home.detail&id=60842&section=92

6. Ingatan, jelas pilih yang bukan tipe pelupa, sebaiknya kapasitasnya cukup besar sesuai permintaan sistim operasi, kalau Jendela XP ya gunakan 512 MB – 1 GB (ini bukan Gang Bang ya tapi Gigit Buesar), kalau Jendela Vivis ya 1 – 2 GB, kalau pakai Pinguin sesuaikan dengan ‘rasa / aroma’-nya.

7. Piring keras, ini juga berpengaruh untuk kecepatan kerja keseluruhan, pilih yang berkapasitas cukup besar dan punya kecepatan SATAn 2 (hikz serem euy), tidak perlu yang mahal / mewah apalagi memecahkan rekor dunia.

8. Pembakar piring, pilih yang sudah sekolah jadi bisa membaca dan menulis dividi-erwe, yang agak bodoh hanya bisa membaca dividi tapi menulis sidi.

9. Kartu ve-ge-a dan layar terkembang, kalau bukan penggemar game kelas berat ya pilih yang murah saja cukup kok, selain itu yang perlu kartu ve-ge-a bagus hanya tukang suting / edit pilem dan tukang gambar propesional.

10. Kartu suara, ini bukan yang untuk coblosan 2009 lho, memilihnya mirip dengan kartu ve-ge-a, kalau untuk game mungkin perlu yang bagus, untuk sehari-hari yang biasapun sudah cukup, yang kasihan kalau berkuping emas tapi berkantong blek.

11. Papan kunci pilihlah yang cukup nyaman dan empuk seperti yang dipakai Mamak agar jari-jari plastiknya tidak jadi jempol ceriting, juga yang pengin jualan cerita atau juara calapan.

12. Papan sentuh, ini sudah standar untuk latihan olah jari, jika perlu bisa menambah tikus yang sudah tidak punya telor dan diganti cahaya, pilih yang punya resolusi cukup agar bisa lari kencang bagai dikejar kucing, atau yang tanpa ekor di depan (tanpa kabel), lumayan bisa menghemat harga kabel tapi boros di badannya.

13. Dermaga yu-es-bi dan kawat-api, pilih yang jumlah dermaganya sesuai kebutuhan, dermaga kawat-api biasanya untuk sambungan ke kamera hendikem, jadi kalau tidak punya kamera itu juga tidak terlalu penting.

14. Sambungan jaringan tanpa kabel (panjang nian yo, cak mano ni terjemahinnyo) ini buat yang tidak punya kabel di rumah atau kantor, atau bisa juga buat yang sok sibuk pamer sambil ngafe atau sambil nunggu di stanplat montor mabur.

15. Penyimpan tenaga, pilih yang berkapasitas cukup besar agar waktu ‘pamer sambil ngafe’-nya bisa lama dan tidak bingung mencari colokan.

Sumber Dari Berbagai Sumber

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s