Persiapan Menghadapi Interview.

Selamat! Akhirnya Anda mendapatkan kesempatan untuk wawancara di tempat kerja impian Anda. bagaimana caranya agar Anda tidak sekadar memenuhi panggilan bertatap muka dengan calon atasan Anda namun juga “memenangkannya” sekaligus? Ada beberapa strategi jitu yang harus Anda siapkan menjelang wawancara.

1. Kumpulkan sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan yang Anda incar tersebut. Lengkapi “amunisi” pengetahuan Anda dengan informasi mengenai produk dan servis yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut, termasuk kompatibilitas Anda di dalamnya. Dengan begitu Anda akan merasa percaya diri saat menjawab semua pertanyaan yang berhubungan dengan perusahaan tersebut serta kontribusi yang bisa Anda berikan.   

2. Pastikan membawa serta kopi CV Anda yang ditulis dengan bahasa yang baik dan profesional. Dengan begitu pihak pewawancara benar-benar tahu bahwa Anda sungguh-sungguh telah siap dengan pekerjaan baru yang menanti Anda.

3. Jangan menghindari eye contact dengan pewawancara. Hal ini menunjukkan rasa percaya diri yang positif dalam diri Anda serta ketertarikan Anda terhadap subyek pembicaraan.

4. Kenakan busana profesional terbaik Anda. patuhi dresscode yang berlaku di perusahaan tersebut, apakah itu formil atau kasual.

5. Saat wawancara, cobalah menjawab pertanyaan tidak lebih dari 60 detik. Ini bukan berarti Anda hanya aakn menjawab dengan jawaban “ya” atau “tidak” semata, cobalah meramu jawaban Anda seringkas dan sepadat mungkin. Jawaban panjang dan berputar-putar akan membuat pewawancaara kehilangan minatnya terhadap Anda.

6. Dengarkan setiap pertanyaan yang diberikan sebaik-baiknya. Bila Anda tidak mengerti, jangan ragu untuk meminta pewawancara Anda menjelaskan maksud pertanyaannya.

7. Selama wawancara, jangan terpaku hanya pada data yang tercantum paada CV Anda. sebutkan juga prestasi atau penghargaan yang pernah Anda peroleh, serta aktivitas/kegiatan/lembaga yang Anda ikuti yang bisa mendukung dan memengaruhi karier Anda di tempat tersebut.

8. Ajukan pertanyaan. Dengan bertanya, Anda menunjukkan bahwa Anda memiliki minat terhadap pekerjaan dan perusahaan tersebut.

9. Setelah wawancara usai, jangan lupa mengucapkan terimakasih terhadap waktu dan kesempatan wawancara yang diberikan. Sekalipun Anda mungkin tidak mendapatkan pekerjaan tersebut nantinya, namun setidaknya Anda meninggalkan kesan yang baik buat pewawancara. You’ll never know….

Media indonesia

1 Comment

  1. terimakasih om untuk infonya


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s