Stres di Tempat Kerja? Ganti Fokus

JAKARTA, JUMAT – Bekerja terus menerus, tanpa ada selingan yang bisa mengimbangi rutinitas harian dapat menimbulkan kejenuhan. Apalagi bagi Anda yang menghabiskan waktu seharian dengan rutinitas dan tekanan kerja yang tinggi. Kejenuhan, mungkin menjadi sesuatu yang harus siap-siap Anda sambut kedatangannya.

Efek lanjutannya, menimbulkan stress. Upss…Jangan sampai stress menghampiri Anda. Apa solusinya? Psikolog Klinis, Felix Lengkong, MA, Ph.D mengutarakan, stress adalah gangguan homeostasis secara psiko-fisik akibat tekanan yang disebut stressor. Salah satu stressor di dunia kerja, misalnya relasi yang tidak harmonis antara atasan dan bawahan, dan budaya kerja yang tidak kondusif.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kejenuhan kerja dan stres. Diantaranya, peningkatan daya diri, manajemen diri, manajemen stres, penunjang sosial (social support), peningkatan keterampilan, pembenahan pekerjaan, pindah kerja, perubahan cara berpikir dan kemampuan melepaskan diri.

“Salah satu alternatifnya, kita bisa melakukan beberapa variasi latihan relaksasi sederhana tapi efektif. Misalnya, kita bisa mencari tempat tenang yang bisa membuat kita terbebas dari kesibukan di sekeliling kita. Cara lainnya, mencari posisi yang enak, dengan ini posisi badan bisa nyaman dan memungkinkan otot-otot lemas,” papar Felix dalam Seminar Membedah masalah kesehatan seputar dunia kerja, di Hotel Acacia, Jakarta, Sabtu (5/4).

Lanjut Felix, Manajemen Stres dapat dilakukan dengan cara membenahi aspek-aspek kognitif, yaitu menyingkirkan berpikir negatif tentang diri sendiri. Pikiran-pikiran negatif tentang diri inilah yang menimbulkan stres. “Pikiran bahwa aku orang yang tidak mampu, tidak bisa berbuat apa-apa, akan membuat kita stres. Jadi singkirkan pikiran itu. Coba belajar mendata pikiran-pikiran apa yang mendasari emosi atau stres kita,” jelas Felix lagi.

Terhadap pekerjaan, mengatasi kejenuhan bisa dilakukan dengan mengganti fokus kerja. Maksudnya, kita merumuskan kembali apa yang menjadi fokus kerja saat ini dan mencari celah-celah untuk melakukan pengembangan. Cara ini, akan membuat kita menemukan cara-cara baru dalam mengatasi masalah yang ada.

Bahkan, bukan tidak mungkin, masalah itu bisa menjadi sebuah kesempatan. Mengganti pekerjaan, kata Felix, juga merupakan salah satu alternatif mengatasi kejenuhan. Namun, terlalu sering mengganti pekerjaan bukanlah obat penawar yang efektif. Karena, korban kejenuhan pindah kerja dengan tidak menganalisis sumber kejenuhan, tidak menjamin kita mendapatkan tempat dan kondisi yang lebih baik.

kompas

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s