tips sehat

Langkah Mudah Detoks Alami

Sampai kini masih banyak orang yang tidak yakin bahwa air bisa dijadikan sarana penyembuhan. Padahal, menurut Prof.S. Periasamy DIM dan D.ACC. Bohiraj Vedante Maharish Charity dari Kantha Health Anda Research Center, Karur, India, berbagai keluhan semisal sakit kepala, asma, darah tinggi, kencing manis, penyakit mata, rematik, batu ginjal, haid tidak teratur, kegemukan, leukemia, batuk, radang tenggoro, sembelit, dan lain-lain bisa sembuh dengan terapi air.

Bagaimana air bekerja sehingga bisa menyehatkan tubuh? Menurut keyakinan dari India tersebut, minum air biasa dengan metode yang benar bisa memurnikan tubuh manusia. Saat tubuh digelontor banyak air, usus besar bekerja lebih efektif dengan cara membentuk darah baru, dalam istilah medis dikenal sebagai aematopaises.

Dalam proses mucousal fold (proses penghancuran bahan yang masuk pencernaan), usus besar dan usus kecil diaktifkan. Demikian juga darah segar yang baru juga diproduksi oleh mucousal fold pada saat gelontoran air terjadi. Mekanisme ini bisa membersihkan usus. Dengan usus bersih, gizi makanan mudah diserap.

Gizi makanan itu diubah menjadi darah baru. Darah merupakan hal paling penting dalam menyembuhkan penyakit dan memelihara kesehatan. Karena itu, air hendaknya dikonsumsi secara teratur.
Berikut langkah mudah detoksasi alami:

Minum air
Awalnya mungkin terasa sulit minum 1,5 liter air sehari. Mulailah dengan minum empat gelas dulu, diminum dua gelas. Lalu, yang dua gelas lagi diminum dua menit kemudian. Awalnya Anda akan buang air kecil dua sampai tiga kali dalam tiga jam, tetapi setelah beberapa lama, akan normal kembali.

Perubahan diet.
Untuk membuang seluruh sisa racun tentuk tak cukup dengan asupan air yang cukup, tetapi perlu perubahan diet dengan fokus pada bahan makanan yang lebih alami. Makanan instan pasti mengandung bahan kimia dan pengawet yang tidak seharusnya berada dalam tubuh. Kebanyakan dari jenis makanan tersebut tidak mengandung nilai nutrisi sama sekali.

Sebagai pilihan diet untuk mereka yang kelebihan berat badan, konsumsi air putih harus ditambah satu gelas setoap11 kg kelebihan berat badan. Contohnya tinggi badan dikurangi 110, berat badan ideal 50 kg. Nah, karena overweight, berat badan sekitar 75 kg. Kalau mengikuti aturan minum air putih tadi, ANda seharusnya minum paling sedikit 10 gelas (8 ditambah 2) air putih dalam sehari.

Tidur cukup
Sebagian besar orang membutuhkan tidur 6-8 jam sehari tiap malamnya, untuk memberikan kesempatan bagi tubuh beristirahat dan segar kembali. Jadi, cobalah tidur lebih awal beberapa kali dalam seminggu. Ingatlah untuk minum segelas air sebelum dan sesudah bangun tidur.

Perawatan kulit
Ketika Anda lalai merawat tubuh, kulit akan menunjukkan akibatnya. Dengan detoksifikasi, kulit akan kembali sehat, sehingga tampak lebih bersinar dan segar. Sesekali, untuk menghasilkan kulitwaajah yang lebih “wah”, semprotkan facial spray. Hal ini akan menstimulasikan aliran darah ke wajah.

OLahraga teratur
Berolahraga akan membantu tubuh Anda berada dalam kondisi siap “perang” terhadap penyakit dan tentu saja akan membantu tubuh tetap sehat dan bugar. Lakukan olahraga sesuai kemampuan. Sesuaikan takaran latihan dengan kemampuan fisik Anda.

Sumber: Solusisehat.net

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s