Jurus sehat

KULIT HITAM NYANTAI AJA”

Memiliki kulit berwarna gelap, tak perlu berkecil hati. Karena jika anda merawat dan melakukan tata rias yang tepat, wajah dengan kulit gelap justru akan memberi pesona yang luar biasa.

Merias wajah sealami mungkin dan mendekati warna kulit asli akan menghasilkan warna kulit apik. Jangan sekali-kali mencoba mengubah warna kulit gelap untuk tampil menjadi putih sesaat, dengan menutup kulit wajah setebal mungkin dengan foundation atau bedak tebal. Langkah ini justru memberi kesan ‘medok’ dan mengejutkan bagi yang melihatnya. Jadilah diri sendiri. Percayalah, kulit wajah berwarna gelap tetap memberi keindahan tersendiri.

Untuk alas bedak, agar kulit hitam terlihat lebih manis dan memberi pesona yang prima, mengarah pada warna kuning. Jika anda menginginkan kulit lebih gelap, pilih alas bedak dengan dasar biru gelap. Sebaiknya hindari warna dasar berwarna merah, karena akan terlihat seperti kulit terbakar.

Pemakaian blush-on, sebaiknya warna yang digunakan peach atau apricot. Tetapi jika kulit lebih gelap, pilih perona pipi warna agak keemasan sebagai dasar dan perona paduannya berwarna coklat pekat.

Pilihlah bedak dengan warna setingkat lebih gelap dari kulit atau setingkat lebih muda dari warna kulit. Sapukan pada seluruh wajah, telinga dan leher.

Baurkan eyeshadow dengan warna lembut seperti kuning muda, bronze dan chopper serta coklat pekat. Perpaduan warna tersebut memberi kesan wajah anda terlihat ‘fresh’.

Langkah terakhir yang harus anda lakukan, pemilihan lipstik yang mendekati warna kulit. Seperti coklat susu, pink lembut, plum gelap dan coklat pekat atau hanya lipgloss.

Merias wajah bukan berarti mengubah warna kulit, tetapi menutup kekurangan dan menonjolkan kelebihan pada wajah. Sebaiknya hindari pemakaian warna kontras pada perona mata, pipi dan bibir agar tidak terlihat seperti ‘badut’.

MEMBANGUN PERCAYA DIRI

Bagi sebagian kita yang punya masalah seputar rendahnya kepercayaan- diri atau merasa telah kehilangan kepercayaan diri, mungkin Anda bisa menjadikan langkah-langkah berikut ini sebagai proses latihan:

1. Menciptakan definisi diri positif.

Steve Chandler mengatakan, “Cara terbaik untuk mengubah sistem
keyakinanmu adalah mengubah definisi dirimu.” Bagaimana menciptkan
definisi diri positif. Di antara cara yang bisa kita lakukan adalah:

  • Membuat kesimpulan yang positif tentang diri sendiri / membuat opini yang positif tentang diri sendiri. Positif di sini artinya yang bisa mendorong atau yang bisa membangun, bukan yang merusak atau yang menghancurkan.
  • Belajar melihat bagian-bagian positif / kelebihan / kekuatan yang kita miliki
  • Membuka dialog dengan diri sendiri tentang hal-hal positif yang bisa kita lakukan, dari mulai yang paling kecil dan dari mulai yang bisa kita lakukan hari ini. Selain itu, yang perlu dilakukan adalah menghentikan opini diri negatif yang muncul, seperti misalnya saya tidak punya kelebihan apa-apa, hidup saya tidak berharga, saya hanya beban masyarakat, dan seterusnya. Setelah kita menghentikan, tugas kita adalah menggantinya dengan yang positif, konstruktif dan motivatif. Ini hanya syarat awal dan tidak cukup untuk membangun kepercayaan diri.

2. Memperjuangkan keinginan yang positif

Selanjutnya adalah merumuskan program / agenda perbaikan diri. Ini bisa berbentuk misalnya memiliki target baru yang hendak kita wujudkan atau merumuskan langkah-langkah positif yang hendak kita lakukan. Entah itu besar atau kecil, intinya harus ada perubahan atau peningkatan ke arah yang lebih positif. Semakin banyak hal-hal positif (target, tujuan atau keinginan) yang sanggup kita wujudkan, semakin kuatlah pede kita. Kita perlu ingat bahwa pada akhirnya kita hanya akan menjadi lebih baik dengan cara melakukan sesuatu yang baik buat kita. Titik. Tidak ada yang bisa mengganti prinsip ini.

3. Mengatasi masalah secara positif

Pede juga bisa diperkuat dengan cara memberikan bukti kepada diri sendiri bahwa kita ternyata berhasil mengatasi masalah yang menimpa kita. Semakin banyak masalah yang sanggup kita selesaikan, semakin kuatlah pede. Lama kelamaan kita menjadi orang yang tidak mudah minder ketika menghadapi masalah. Karena itu ada yang mengingatkan, begitu kita sudah terbiasa menggunakan jurus pasrah atau kalah, ini nanti akan menjadi kebiasaan yang membuat kita seringkali bermasalah.

4. Memiliki dasar keputusan yang positif.

Kalau dibaca dari praktek hidup secara keseluruhan, memang tidak ada orang yang selalu yakin atas kemampuannya dalam menghadapi masalah atau dalam mewujudkan keinginan. Orang yang sekelas Mahatma Gandhi saja sempat goyah ketika tiba-tiba realitas berubah secara tak terduga-duga. Tapi, Gandhi punya cara yang bisa kita tiru: “Ketika saya putus asa maka saya selalu ingat bahwa sepanjang sejarah, jalan yang ditempuh dengan kebenaran dan cinta selalu menang. Ada beberapa tirani dan pembunuhan yang sepintas sepertinya menang tetapi akhirnya kalah. Pikirkan ucapan saya ini, SELALU”. Artinya, kepercayaan Gandhi tumbuh lagi setelah mengingat bahwa langkahnya sudah dilandasi oleh prinsip-prinsip yang benar.

5. Memiliki model / teladan yang positif

Yang penting lagi adalah menemukan orang lain yang bisa kita contoh dari sisi kepercayaan dirinya. Ini memang menuntut kita untuk sering-sering membuka mata melihat orang lain yang lebih bagus dari kita lalu menjadikannya sebagai pelajaran. Saking pentingnya peranan orang lain ini, ada yang mengatakan bahwa kita bisa memperbaiki diri dari dua hal:

  • pengalaman pribadi (life experiencing)
  • duplicating (mencontoh dan mempelajari orang lain).
OLAH PERNAPASAN

Menarik napas dalam-dalam, seperti yang lazim dilakukan pada olahraga pernapasan, sebenarnya merupakan suatu sarana yang membantu tubuh untuk mengubah udara yang dihirup menjadi energi. Aliran udara berenergi ini mampu menghasilkan tenaga dalam yang akan disebarkan ke seluruh bagian tubuh. Efeknya bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketegangan otot di seluruh tubuh, menyegarkan kembali pikiran yang lelah, atau meringankan rasa sakit di bagian-bagian tubuh tertentu.

Namun demikian, bukan berarti kondisi kesehatan yang menyeluruh hanya bergantung pada olahraga pernapasan saja. Anda tetap membutuhkan olahraga lain, yaitu olahraga aerobik intensitas sedang hingga tinggi. Sedangkan pada umumnya, olahraga pernapasan termasuk dalam kategori aerobik low impact berintensitas rendah, sehingga sulit mencapai target heart rate yang diharapkan. Untuk menyiasatinya, dr. Nora menyarankan untuk membuat variasi latihan olahraga setiap minggunya.

Misalnya hari Senin berjalan kaki selama setengah jam, hari Rabu bersepeda setengah jam dan kemudian hari Sabtu olahraga pernapasan selama satu jam. Dengan begitu, Anda dapat memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk mencapai kesehatan jantung dan paru-paru maksimal. Bagi Anda yang aktif dalam kegiatan olahraga lain yang spesifik, seperti tenis atau joging, pernapasan dalam dapat meningkatkan stamina dan memperbaiki prestasi.

Otot-otot dan susunan saraf menjadi lebih responsif, terkendali dan terkoordinasi dengan baik, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk melakukan gerakan-gerakan yang sulit sekalipun. Tertarik? Anda bisa bergabung dengan perkumpulannya. Sudah banyak, kok, di Jakarta maupun di kota-kota lainnya. Jika belum sempat, Anda juga dapat berlatih pernapasan dalam yang simpel di rumah. Caranya adalah dengan membiasakan diri menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan-lahan, baik pada saat sedang duduk, berbaring, bahkan berjalan sekalipun. Untuk hasil terbaik, yang disarankan adalah dengan posisi duduk tegak dengan punggung lurus, bisa di lantai ataupun di kursi. (jadilangsing)

BEAUTY WITH FRESH FRUITS

Selain sanggup menyehatkan badan buah-buahan dianggap juga sanggup mempercantik wajah anda. Terutama beberapa buah berikut ini berpotensi embuat wajah anda telihat lebih cantik, halus dan bercahaya.Apel bisa menetralisir kulit berminyak dengan mem-blender setengah apel tanpa air sampai halus,lalu balurkan merata pada wajah yang telah dibersihkan dan diamkan selama 20 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat kuku dan air dingin untuk meringkaskan pori-pori. Apel mengandung zat yang dapat menetralisir kelebihan minyak pada wajah. Lakukan seminggu sekali.

Stroberi sebagai instant radiant dengan mencampurkan tiga buah stroberi dan sesendok teh madu, hancurkan, namun jangan terlalu lembut. Oleskan pada wajah dan diamkan 30 menit. Setelah masker agak mengering, gosok dengan gerak melingkar untuk meluruhkan sel-sel kulit mati dan melancarkan peredaran darah. Basuh dengan air dingin. Lakukan seminggu sekali. Vitamin C pada stroberi efektif mencerahkan kulit dan madu melembabkan kulit.

Melon dapat mendinginkan kulit yang tebakar matahari, caranya dengan mengiris tipis melon, kompreskan selama 20 menit pada wajah yang telah dibersikan, lalu bilas. Melon mengandung zat astringent yang berkhasiat sebagai tonik dan mampu mendinginkan wajah yang terbakar matahari.

Kulit Jeruk bisa mencerahkan kulit kusam dengan merendam kulit jeruk yang sudah ditusuk-tusuk garpu dalam air hangat selama satu malam. Basuhkan pada wajah yang telah dibersihkan kemudian keringkan dengan handuk lembut. Berfungsi juga untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang membandel.

Tomat sanggup melembutkan kulit wajah denga memeras sebuah tomat, campur merata dengan dua sendok teh air jeruk nipis dan dua sendok teh gliserin. Oleskan pada kulit wajah selama 20 menit. Lakukan ini seminggu sekali.

Mentimun untuk menghaluskan dan memutihkn kulit wajah dengan mem-blender setengah bagian timun, campur dengan dua sendok makan susu segar hangat (tanpa gula). Oleskan merata pada wajah sebelum tidur. Lakukan setiap malam. Dalam sepekan anda bisa melihat hasilnya.

Pepaya untuk keremajaan kulit, lumat pepaya ranum, lalu campurkan sesendok teh madu. Bubuhkan pada wajah selama 20 menit. Pepaya mengandung estrogen yang mampu meremajakan kulit wajah dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah kerut merut. Gunakan seminggu sekali.

Pisang bisa melebabkan kulit kering anda dengan memilih pisang ambon yang matang. Campurkan setengah pisang dengan satu sendok makan havermut, satu sendok teh susu bubuk tawar dan satu sendok teh madu. Oleskan masker pada wajah, diamkan selama setengah jam, lalu bersihkan dengan air hangat. Gunakan seminggu sekali.

Jeruk nipis mengatasi jerawat anda yang membandel dengan cara mncampurkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis dengan satu sendok makan madu yang telah dihangat. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Madu mengandung zat antiseptik yang mampu membunuh kuman penyebab jerawat sedangkan jeruk nipis mampu mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Gunakan setiap hari sampai jerawat hilang.

Semoga bisa bermanfaat dan membuat hari anda lebih menyenangkan. Dengan wajah segar dan cantik, aktifitas anda tentunya lebih bergairah.

VITAMIN C DAN FLU

Memasuki musim pancaroba seringkali terjadi perubahan cuaca yang sangat ekstrim. Pagi hari matahari bersinar sangat cerah, sehingga udara siang terasa sangat panas dan membuat kita merasa gerah, namun di sore hari langit berubah menjadi kelihatan mendung dan hujan pun turun dengan derasnya.

Perubahan cuaca yang tiba-tiba dapat membuat daya tahan tubuh kita menurun dan mennjadi sangat rentan terhadap penyakit. Jika daya tahan tubuhkita sudah menurun, virus yang menyebabkan penyakit batuk, pilek, dan sakit perut seperti diare akan mudah menghampiri dan mulai menyerang kita.

Biasanya dalam kondisi yang demikian, antibiotik menjadi andalan untuk mengatasi gangguan penyakit-penyakit tersebut. Padahal sebenarnya tubuh kita telah memiliki mekanisme sistem kekebalan yang digunakan untuk menangkal faktor atau zat yang berasal dari luar tubuh uang dapat membahayakan kesehatan kita.

Karena kekebalan tubuh bersifat dinamis, dan virus dapat bermutasi, maka kita harus mempunyai gaya hidup yang sehat untu dapat memperkuat pertahanan tubuh kita. Apalagi saat ini banyak bermunculan penyakit-penyakit baru yang berbahaya, seperti virus flu burung.

Flu merupakan penyakit yang di akibatkan oleh infeksi virus, sehingga menyebab- kan peradangan pada pada sistem pernafasan kita. Selama ini, Vitamin C bukan hanya dikenal sebagai primadonanya vitamin, tetapi banyak orang menggunakannya sebagai penangkal flu dan mengobati sariawan.

Berdasarkan penelitian Dr. Linus Pauling diketahui bahwa Vitamin C memiliki kemampu-an untuk menghambat partikel virus agar tidak menyebar melalui sel dan jaringan tubuh, selain itu Vitamin C juga mengurangi kekampuan molekul oksigen sampai menjadi radikal bebas dan kemudian menghancurkan asam nukleus virus.

Apabila kita melihat manfaat yang bisa kita peroleh dari Vitamin , rasanya tidak salah jika kita mulai membiasakan diri untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin C dalam tubuh kita dengan gaya hidup sehat dan selalu mengkonsomsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C, seperti Jambu Batu/Jambu Kelutuk, Jeruk, Apel, Kapri, daun pepaya dan lain sebaginya.

Tips mencegah Flu :
– Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun
– Minum banyak air putih, minimal 8 gelas sehari
– Usahakan menghindari orang lain yang terkena flu
– Jaga selalu daya tahan tubuh dengan cukup istirahat, makan makanan yang bergizi, olahraga teratur dan selalu penuhi kebutuhan vitamin C.

BATUK

Batuk merupakan suatu refleks yang alamaiah. ternyata batuk itu merupakan cara untuk melindungi paru-paru dari zat-zat yang mengganggu.

Apa seh yg menyebabkan batuk?

Batuk merupakan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas akibat virus, yakni infeksi pada hidung, sinus, dan saluran-saluran udara anda. Salesma dan influenza merupakan contoh yang umum. Batuk juga dapat timbul akibat iritasi tenggorokan karena keluarnya lendir ke bagaian belakang tenggorokan . Batuk dimulai ketika suatu zat pengganggu mencapai salah satu reseptor di hidung, tenggorokan atau dada. Reseptor itu menyampaikan pesan ke pusat batuk di otak anda, yang membawa sinyal supaya tubuh batuk. setelah anda menghirup udara epiglotis dan pita suara anda akan menutup rapat-rapat, sehingga udara dalam paru-paru terjebak. Otot perut dan dada anda akan berkontraksi dengan kuat. Pada akhirnya epiglotis dan pita suara anda membuka tiba-tiba , sehingga udara yang terjebak itu meledak keluar.

Kamu bisa melakukan perawatan sendiri dengan cara:

  • Minum banyak, cairan yang banyak akan menolong membersihkan tenggorokan, minumlah air putih atau sari buah jangan minum minuman yang mengandung soda dan kafein
  • Gunakan alat pelembab udara, udara di rumah bisa menjadi sangat kering terutama selama musim dingin. Udara dingin akan mengiritasi tenggorokan bila kamu sedang salesma. Menggunakan alat pelembab udara akan mempermudah pernapasan.
  • Madu, permen atau tablet isap pelega tenggorokan dapat menolong meringankan iritasi tenggorokan ringan dan dapat membantu mencegah batuk jika tenggorokan anda kering atau pedih.
  • Coba obat-obat ekspektoran, yakni obat-obat yang dapat membantu membersihkan lendir. Zat ekspektoran dapat meningkatkan aliran cairan normal pada tenggorokan .
  • Coba obat penekan batuk yang tersedia dalam bentuk cair atau padat, obat-obat semacam ini bisa mempengaruhi refleks batuk anda.
  • Pergilah ke dokter merupakan jalan terakhir apabila batuk anda berlangsung lebih dari 2 atau 3 minggu, batuk disertai demam, nafas makin pendek, atau dahak bercampur darah.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s