Contoh “Proposal Diklat/ExKuL”

Dibawah ini merupakan sebuah contoh dari pembuatan proposal untuk bagaimana membuat atau mengadakan Pendidikan Kilat, proposal ini disusun sebagaimana mestinya pembuatan proposal dengan sistematik yang sederhana akan tetapi tidak mengindahkan tata bahasa dan tata letak. Semoga contoh proposal ini bisa bermanfaat dan berguna bagi yang membaca dan dapat digunakan untuk hal-hal yang baik.

PENDAHULUAN


SEKILAS TENTANG ABA YPKK

ABA YPKK merupakan akademi bahasa asing yang bergerak pada  bahasa khususnya bahasa inggris. Visi ABA YPKK adalah menjadi perguruan tinggi yang sukses membumikan bahasa inggris sebagai bahasa kehidupan pendidikan dan bermasyarakat. Misi ABA YPKK adalah menumbuh kembangkan bahasa inggris sebagai sarana kemajuan dalam segala bidang, membangun dan membina kemitraan jaringan kerja dalam pendayagunaan bahasa inggris. Kurikulum yang digunakan disusun secara sistematis, disajikan secara paket dan pilihan dengan pendekatan komunikatif untuk menguasai empat keahlian berbahasa: Berbicara (Speaking), Mendengar (Listening), Membaca (Reading) dan Menulis  ( Writing). Sedangkan metode yang digunakan adalah active learning, mahasiswa belajar aktif dan kreatif untuk menciptakan iklim berbahasa yang kondusif dan mampu berkarya.

LATAR BELAKANG

Bahasa inggris merupakan bahasa global dan bahasa internasional, sehingga keadaan bahasa inggris tersebut sangat dibutuhkan agar dapat berkomunikasi secara internasional. Dalam hal seperti ini Senat ABA YPKK mempunyai program yang berhubungan langsung dengan bahasa inggris tersebut, program tersebut adalah “Extra Kulikuler Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar”. Program ini juga bertujuan untuk memberikan kesempatan mencari pemasukan (income) bagi mahasiswa ABA YPKK dengan mengajar di Sekolah Dasar. Sebelum program ini langsung berjalan ke Sekolah-sekolah ada prosedur yang harus di ikuti bagi para calon pengajar di Sekolah Dasar  yaitu mengikuti bimbingan Dosen pengajar di ABA YPKK untuk memberikan Diklat kepada para calon pengajar tersebut, dalam bimbingan ini para calon pengajar secara rutin mengikuti Diklat tersebut selama kurang lebih satu s/d  dua bulan atau pada saat para calon pengajar tersebut sudah siap untuk mengajar.

Dalam era globalisasi ini sungguh sangat berguna jika bisa menguasai bahasa inggris tersebut, keuntungan dari program ini secara umum adalah memberikan kesempatan para mahasiswa dan mahasiswi ABA YPKK mendapatkan kesempatan kuliah sambil bekerja dengan cara mengajar  bahasa inggris untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan program ini diselenggarakan pada jam setelah pulang sekolah, sehinnga sekolah sebagai fungsi tempat belajar menjadi lebih efektif. Untuk  itulah kami Senat ABA YPKK sangat ingin mewujudkan program tersebut sehingga bagi mahasiswa dan mahasiswi bisa mendapatkan penghasilan dari mengajar.

Tentunya dalam pelaksanaannya banyak yang harus dipersiapkan baik secara mental dan tanggung jawab pribadi maupun kelompok. Program ini membutuhkan Dosen pembimbing dan pengawas serta penanggung jawab agar pelaksanaanya bisa mewadahi semua mahasiswa dan mahasiswi ABA YPKK, arti dari Dosen pembimbing adalah Dosen yang memberikan bekal untuk bagaimana cara mengajar dan memberikan pelajaran dan juga memberikan masukan serta tata cara mengajar yang baik, mulai dari bagaimana menghadapi para murid, bagaimana mengatasi suasana di dalam kelas saat memberikan pelajaran. Dukungan dari ABA YPKK sangat diperlukan agar senantiasa bisa menjalankan program ini untuk seluruh mahasiswa dan mahasiswi ABA YPKK.

Bahasa inggris merupakan bahasa yang perlu kita pelajari terutama di era globalisasi bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Sementara itu bagi masyarakat Indonesia tingkat sekolah dasar pada umumnya belum sepenuhnya menguasai bahasa inggris tersebut, pada tingkat sekolah dasar bahasa inggris belum merupakan sebuah keterbiasaan untuk mengunakannya. Mereka pada ummnya beranggapan bahwa kesulitan untuk mempelajarinya dengan baik serta belum terbiasanya berbahasa inggris, oleh karena itu ABA YPKK yang merupakan sebuah akademik yang berkecimpungan dengan bahasa inggris ingin mengadakan sebuah program yang berhubungan dengan bahasa inggris yaitu berupa pendidikan “extra kulikuler bahasa inggris di tingkat sekolah dasar”. Pada program ini tujuan umumnya adalah memberikan akses kemudahan untuk menguasai bahasa inggris di sekolah masing-masing dan juga menjembatani bagi para siswa dan siswi yang ingin balajar bahasa inggris lebih mendalam di luar jam belajar selama di sekolah.

Program ini  akan saling menguntukan antara satu sama lain baik bagi pihak sekolah maupun para siswa dan siswi yang berkenan untuk belajar bahasa inggris yang berupa extra kulikuler bahasa inggris di luar jam belajar pada umumnya. Program ini juga untuk meluaskan kapasitas kemampuan berbahasa inggris dengan lebih mudah dan menarik dengan metode yang lebih mendalam tentang bahasa inggris, secara sistematik dimana antara praktik bericara bahasa inggris dan bukan hanya sebagai pasif skill dalam berbahasa inggris. Program ini ikut berpartisipasi untuk memberikan pengetahuan serta kemampuan berbahasa inggris untuk para siswa dan siswi. Pada tingkat Ujian Nasional bahasa inggris terus mejadi salah satu pelajaran pokok untuk ujian nasional, dengan program ini diupayakan untuk mempermudah dalam menghadapi ujian nasional tersebut. Sebagai sekolah yang merupakan tempat dimana para siswa dan siswi belajar dan juga merupakan wadah utama untuk menuntut ilmu selain di rumah oleh karena itu dalam program ini fungsi sekolah sebagai tempat utama untuk terus meningkatkan pelajaran terutama bahasa inggris.

TUJUAN DAN MANFAAT

Program ini bertujuan untuk memberikan pendidikan  bahasa inggris di tingkat Sekolah Dasar secara layaknya pengajar yang Profesional dalam memberikan pelajaran bahasa inggris. Selain itu juga menjadikan para siswa dan siswi Sekolah Dasar bisa menguasai bahasa inggris sejak dini yaitu saat duduk di Sekolah Dasar agar membiasakan berbicara bahasa inggris, untuk nantinya selama proses pendidikan extra kulikuler bahasa inggris ini di fokuskan aga para siswa dan siswi Sekolah Dasar bisa menguasai bahasa inggris dan bisa berbicara bahasa inggris secara aktif. Sedangkan manfaat yang diperoleh baik bagi ABA YPKK maupun mahasiswa dan mahasiswinya tentunya adalah bisa mendapatkan pekerjaan pada pagi harinya dan kuliah pada malam harinya, sedangkan untuk ABA YPKK adalah menjadikan program ini sebagai program yang bisa di andalkan untuk meningkatkan minat belajar dan kemudahan dalam mengakses dan mencari pekerjaan tersebut. Untuk proses ini tentunya tidak semudah membalik telapak tangan akan tetapi perlunya kerjasama antara ABA YPKK dan pihak Sekolah-sekolah Dasar baik dilingkungan sekitar maupuungan sekitar maupun untuk ruang lingkup yang lebih luas lagi pada umumnya.

Dengan diselenggarakan program ini diharapkan pihak sekolah mendapatkan kemudahan serta merasakan manfaat dari program extra kulikuler bahasa inggris. Untuk para siswa dan siswi tentunya mendapatkan akses untuk bisa menguasai bahasa inggris dengan baik dan sesuai dengan keinginan serta sebagai sarana.

SISTEM PROGRAM EXTRA KULIKULER

Dalam penerapannya adalah mahasiswa dan mahasiswi ABA YPKK diberikan formullir untuk mengikuti diklat terlebih dahulu dan bersedia mengiikuti diklat tersebut sampai dinyatakan siap mengajar dan siap dalam hal apapun yang mendukung kelancaran program ini. Untuk mengkoordinir siapa saja yang mau mengikuti program diklat dilaksanakan oleh Senat ABA YPKK lalu setelah data-datanya terkumpul dan sudah dinyatakan bisa mengikuti program diklat barulah Senat mengajukan para peserta diklat yang terdiri dari mahasiswa dan mahasisiwi ABA YPKK untuk patuh dan mengikuti peraturan diklat tersebut, sebagai pengajar dan siap dalam hal apapun yang mendukung kelancaran program ini. Peserta diklat yang terdiri dari mahasiswa dan mahasisiwi ABA YPKK untuk patuh dan mengikuti peraturan diklat tersebut, sebagaimana yang telah ditetapkan oleh standar ABA YPKK.

Untuk metode pembelajaran pada program ini lebih mengedepankan unsur inggris aktif artinya para siswa dan siswi  diberikan bimbingan untuk berbicara bahasa inggris dan tentunya para fasilitator juga menggunakan minimal 50% berbahsa inggris diselingi dengan bahasa Indonesia saat memberikan pelajaran selama proses mengajar. Selain itu para siswa dan siswi diharuskan untuk interaktif agar terciptanya suasana yang kondusif selama proses belajar. Disela-sela memberikan pelajaran para siswa dan siswi diberikan palajaran yang berupa kuis ataupun pertanyaan yang bisa mempengaruhi siswa dan siswi untuk menjawab dengan benar yang berhubungan denaga materi pelajaran, sehingga diharapkan dalam setiap pertemuan para siswa dan siswi bisa memdapatkan pelajaran yang di ingat minimal 70% disetiap harinya. Selain itu program ini diselingi dengan tanya jawab, diskusi dan kerja kelompok disertai praktik berbicara dalam bahasa inggris. Pada pertemuan selanjunya akan diadakan review atau pengulangan tentang pelajaran yang sebelumnya agar pelajaran yang telah diberikan mampu dan terus diingat oleh para siswa dan siswi.

PROSES SETELAH PROGRAM DIKLAT

Setelah program Dikllat selesai, para peserta mengadakan yang disebut pelatihan tentang kemampuan bahasa inggris untuk tingkat SMP disekitar lingkungan ABA YPKK. Adapun yang menjadi pengajar atau instruktur adalah Mahasiswa dan Mahasiswi ABA YPKK yang telah mengikuti program diklat tersebut. Rencana pengadaan pelatihan tersebut pada hari sabtu dan minggu di ABA YPKK dengan persetujuan Direktur ABA YPKK terlebih dahulu. Program pelatihan tersebut bertujuan agar para peserta diklat bisa langsung mempraktikan kemampuan dengan lingkup secara langsung. Setelah diklat tersebut selesai para peserta diklat mendapatkan sertifikat dari ABA YPKK sebagai modal dan bukti bahwa telah mengikuti diklat tentang teaching academic, dan juga dalam pelatihan yang nantinya akan dilaksanakan para insatruktur juga mendapatkan sertifikat dari ABA YPKK sebagai bukti telah terjun langsung dan bukti pengalaman sudah mengajar untuk tingkat SMP.

MATERI PEMBELAJARAN DAN PENGAJAR

Untuk materi pelajaran pada program ini menggunakan buku-buku panduan yang kuantitatif dan produktif, terutama pelajaran yang memenuhi kebutuhan pokok dalam proses belajar. Materi pelajaran ini juga menyesesuaikan dengan materi yang berhubungan dengan materi pelajaran yang telah ditetapkan oleh sekolah tersebut dan juga memberikan materi tambahan yang tidak ada dalam materi disekolah dengan menyesuaikan dengan kebutuhan para siswa dan siswi. Program ini menggunakan silabus yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan akan bahasa inggris dan juga berdasarkan silabus pada sekolah masing-masing. Untuk setiap pelajaran yang diberikan mengandung unsur kemampuan berbicara, membaca, mendengar dan menulis.

Setiap harinya para siswa dan siswi mandapatkan apa yang telah dipelajarinya dengan baik. Untuk materi yang berhubungan dengan kemampuan berbicara, para siswa dan siswi diberikan bekal untuk berbicara dalam bahasa inggris seperti menyebutkan benda ataupun hal-hal dengan bahasa inggris dan juga memperbanyak kosa kata atau perbendaharaan kata-kata dalam bahasa inggris. Untuk kemampuan membaca para siswa dan siswi diupayakan mampu membaca bacaan yang berbahasa inggris dan juga tentang bagaimana mengucapkan kata dalam bahasa inggris dan pelajaran sejenis ini disebut pronunciation. Sedangkan untuk kemampuan mendengar para siswa dan siswi diajak untuk bisa memahami dan mengerti maksud dan tujuan dari apa yang orang lain ucapkan, dan mengetahui bagaimana pelafalkan atau  cara membaca kata tersebut. Dalam memberikan materi para fasilitator membacakan kata atau kalimat lalu para siswa dan siswi harus bisa bagaimana menulis bacaan yang telah diberikan oleh fasilitator. Dan yang terakhir adalah kemampuan menulis bahasa inggris, dalam menulis ini para siswa dan siswi bisa mengerti tentang tata cara menulis dan juga susunan kalimat atau grammar disetiap penulisan baik kalimat maupun paragraph.

Untuk pengajar adalah para mahasiswa dan mahasiswi ABA YPKK, yang masih menjadi mahasiswa dan mahasiswi maupun para alumni ABA YPKK dan sebelum memberikan pelajaran tentunya telah dibekali dengan pengetahuan serta kemampuan yang bisa ditangguhkan. Sebelum mengajar para pengajar diberikan pelatihan khusus oleh dosen kampus terlebih dahulu selama satu bulan dan selain tetap belajar sebagai mahasiswa dan mahasiswi pada umumnya.

TARGET DALAM PROGRAM

Target dalam program didasari oleh perjuangan yang tidak berujung artinya program ini akan terus mengarungi para mahasiswa dan mahasiswi baik yang masih kuliah maupun yang telah lulus untuk terus memberikan pendidikan extra kulikuler bahasa inggris tingkat  SD dengan segenap perhatian dan kemampuan. Secara prinsip adalah pewujudan dari apresiasi Senat untuk senantiasa membuat program kemahasiswaan yang lebih baik lagi, untuk itu kami harapkan agar bisa terlaksana program ini. Dalam program ini juga untuk mewujudkan dan mempersiapkan SDM yang mampu berbahasa inggris dengan baik dan benar serta bisa menerapkan dalam kehidupan yang lebih baik lagi. Untuk membentuk SDM yang bagus harus perlu proses yang tidak mudah dan harus melewaati tahap demi tahap sehingga terbentuklah SDM yang kompeten dan berkualitas.

Untuk program extra kulikuler bahasa inggris kami memprioritaskan untuk semua    siswa dan siswi sekolah dasar mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 SD karena pada usia tersebut daya serap atau daya ingat akan pelajaran masih tinggi serta membiasakan untuk bisa menguasai bahasa inggris. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk sekolah tingkat pertama dan menengah atas.

LAMANYA DIKLAT

Seperti diuraikan diatas sebelumnya yaitu untuk mempersiapkan program ini diutamakan agar mengikuti program diklat terlebih dahulu sehingga setelah itu para calon pengajar benar-benar sudah menguasai dan mengerti seluk-beluk dalam pengajar. Waktu diklat kami senantiasa ingin bekerjasama dengan Dosen pembimbing dan kesepakatan dengan ABA YPKK yang tidak memberatkan Dosen tersebut. Penyelenggaraan diklat yaitu pada hari sabtu atau minggu selama 5-8 pertemuan (dalam kurun waktu satu bulan). Untuk masalah tempat adalah yang direkomendasikan oleh ABA YPKK atau oleh Dosen, misalnya dirumah Dosen atau sesuai dengan keinginan Dosen pembimbing serta di kampus ABA YPKK sesuai persetujuan antara Direktur ABA YPKK dan Dosen Pembimbing.

WAKTU PELAKSANAAN

Waktu pelaksanaan dari program ini yaitu setelah kegiatan belajar dan mengajar di sekolah telah selesai, misalnya satu jam setelah selesai waktu sekolah, selama dua atau tiga  kali dalam seminggu atau bisa juga pada hari dimana pihak sekolah bisa mengaturnya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Untuk durasi atau lama proses pelajaran yaitu 60 sampai 90 menit disetiap pertemuannya.

HASIL YANG DIPEROLEH di sekolah dasar

Pada setiap kegiatan program ini para siswa dan siswi diharapkan memperoleh:

  1. Menambah pengetahuan dan kemampuan berbahasa inggris terutama inggris aktif, selain itu para siswa dan siswi diharapkan bisa dengan mudah dan menyukai bahasa inggris sebagai kebiasaan dan keinginan yang baik untuk terus mempelajarinya.
  2. Selama program ini diharapkan tercapainya suatu pendidikan bahasa inggris yang bernilai lebih dan bisa terus menumbuh kembangkan kemampuan bahasa inggris.
  3. Pada akhir yaitu pada tingkat Ujian Nasional diharapkan mendapatkan nilai diatas rata-rata khususnya bahasa inggris, dengan program ini para siswa dan siswi kemudahan untuk menguasainya terbuka lebar karena kesempatan yang diberikan sama besar.

HASIL YANG DIPEROLEH untuk peserta diklat

1.       Para peserta diklat mempunyai bekal untuk mengetahui bagaimana tata cara mengajar yang baik.

2.       Para peserta diklat diharapkan bisa menghasilkan penghasilan sendiri dengan mengajar di Sekolah atau lainnya.

3.       Mampu menerapkan dan melakukan sesuai dengan pengalaman setelah mengikuti program diklat pada saat   mengajar nantinya.

MONITORING DAN EVALUASI

Program ini juga pada nantinya akan diadakan proses monitoring dan evaluasi sejauh mana para siswa dan siswi bisa menguasai bahasa inggris tersebut dan juga mengetahui apakah program ini dimanfaatkan oleh siswa dan siswi dengan baik. Bentuk evaluasinya berupa periodik test dan juga berkelanjutan agar program ini berjalan dengan baik pula. Untuk materi tes yaitu terdiri dari serangkaian soal yang terdapat di pelajaran yang telah diberikan sebelumnya.  Untuk proses memonitoring dilakukan oleh kedua pihak baik dari pihak sekolah maupun pihak penyelenggara (pengajar di Extra Kulikuler Bahasa Inggris). Proses monitoring terdiri dari per 1 bulan, 3 bulan dan per 6 bulan sekali sehingga seluruh kegiatan mampu diserap dan dimanfaatkan oleh semua pihak.

KESIMPULAN

Seluruh rangkaian dari program ini pada hakikatya saling menguntungkan bagi semua pihak serta mampu meningkatkan kualitas bahasa inggris siswa dan siswi di masing-masing sekolah. Program ini dapat terwujud dengan adanya komitmen dan kerjasama yang baik di semua pihak serta dukungan dari para orang tua wali murid. Program ini dibentuk dengan format yang bisa mempermudah para siswa dan siswi dengan iklim pelajaran yang kondusif, interaktif selama proses penyampain materi pelajaran. Terdapat empat kemampuan dalam berbahasa yaitu: Berbicara ( Speaking), Mendengar ( Listening), Membaca (Reading) dan Menulis ( Writing). Semua kemapuanu tersebut saling mendukung dan juga keterkaitan satu sama lain. Metode yang digunakan juga bersifat lebih mengaktifkan para siswa dan siswi selama peyampaian pelajaran tersebut. Sedangkan untuk meteri pelajaran merupakan standar dari pihak penyalenggara dan pihak sekolah yang telah ditetapkan oleh kurikulum yang bersangkutan khususnya bahasa inggris. Segala sesuatu yang direncanakan dengan baik serta dilakukan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama pastinyaakan  memdapatkan hasil yang baik pula.

Demikianlah proposal extra kulikuler bahasa inggris tingkat sekolah dasar kami buat semoga apa yang telah kita upayakan bisa berjalan sesuai dengan yag kita inginkan. Atas segala perhatian, pertimbangan dan kerja sama yang baik disampaikan terima kasih banyak, dan semoga kita selalu dalam lindungan dan rahmat dari Allah SWT, Amin.

Pondok Cabe, Desember 2008

Hormat Kami

Ttd

KETUA SEMABA YPKK

Rahman Faisal

About these ads

4 Comments

  1. tanks

  2. terimakasih pak…

  3. semoga menjadi amal jariyah, amin

  4. klo mw ngadain diklat di esde harus pke pengantar dari diknas gak??


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 44 other followers