Bahaya Ciuman, Nich

Pernah ada seminar seks di sebuah sekolah, lalu ada yang menanyakan tentang bahaya berciuman. dan dia berkata dimulut kitakan tempat masuknya makanan dan ada kemungkinan tempat berkumpulnya segala macam penyakit.apakah dalam berciuman bisa membahayakan kesehatan?dan ada juga yang bertanya dengan berciuman bisakan tertular penyakit..?


Benar, di rongga mulut bukan sedikit jumlah kuman dan virus hadir setiap saat. Sebagian hidup berdampingan secara damai dengan tubuh kita. Ia bukan mikroorganisme berbahaya dan jasad renik yang perlu ditakuti sebab tidak sampai menimbulkan penyakit, atau bisa menjangkitkan gangguan kesehatan apa pun.

Namun selain jasad renik yang bersahabat, adakalanya rongga mulut disinggahi pula oleh bibit penyakit yang tidak bersahabat. Jika kuman bersahabat, tidak bermasalah kendati saling baku tukar air liur selama berciuman. Namun berbeda halnya dengan kehadiran kuman atau virus yang tidak bersahabat di rongga mulut.

Nah, berciuman dengan pasangan yang mengidap bibit penyakit yang tidak bersahabat inilah yang memunculkan masalah kesehatan.
Virus Cytomegalo
“Kissing disease” disebabkan oleh virus cytomegalo. Virus ini sudah lama dikenal.

Infeksi oleh virus ini sering kita dengar menimpa anak dalam kandungan. Jika ibu hamil mengidap virus jenis ini, otak anak yang dikandungnya kemungkinan akan dirusak. Anak lahir cacat akibat kerusakan otak yang berat. Itu sebab setiap ibu hamil dianjurkan melakukan pemeriksaan darah TORCH, kependekan dari empat penyakit, yakni Toxoplasma, Rubella atau campak Jerman, Cytomegalo virus sendiri, dan Herpes. Keempat penyakit ini bisa bermasalah jika menyerang ibu hamil.

Jika dari pemeriksaan TORCH ada yang positif, ibu perlu disembuhkan dulu dari penyakit yang bisa mengganggu anak yang akan dikandungnya. Baru setelah sembuh dari penyakit itu ibu bisa hamil dengan aman. Jika tidak, selain kemungkinan gugur, anak mati dalam kandungan, atau lahir cacat.

Selain menimpa anak dalam kandungan, infeksi virus cytomegalo tak jarang menyerang usia dewasa. Infeksi bisa ringan saja, bahkan orang tidak tahu kalau mengidap virus ini. Tidak heran kalau ibu hamil yang kelihatannya sehat-sehat saja, kedapatan pemeriksaan darah cytomegalo-nya positif.

Virus cytomegalo sekerabat dengan virus herpes yang bersifat laten pada tubuh manusia. Ia menyukai untuk tinggal di kelenjar liur, muncul di air seni, lendir leher rahim, sperma, ait susu ibu, dan darah. Maka penularan virus ini selain lewat berciuman, dapat pula melalui
transplantasi organ, donor darah, atau persalinan, dan oral seks tentu saja. Hampir sebagian besar orang dewasa pernah disinggahi virus ini. Umumnya ketika masih usia remaja.

Di Amerika virus ini banyak menyerang remaja putri usia 14-16 tahun, dan remaja putra usia 16-18 tahun, atau rata-rata pada usia antara 15-25 tahun-an. Mengapa? Kemungkinan pada usia ini remaja mulai aktif melakukan kegiatan berciuman antar teman kencan.

Gejala “Kissing Disease” tak ubahnya serangan flu, dengan demam, radang tenggorokan, badan letih, dan pegal linu. Bedanya, pada penyakit oleh virus cytomegalo ini hati dan limpa umumnya membengkak, dan serangan yang menyerupai flu ini berlangsung lebih lama, mungkin sampai dua minggu-an.

“Kissing disease” kadang disebut juga penyakit “mononucleosis”. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan obat antivirus.

Empat Virus Lain

Selain virus cytomegalo, ada 4 jenis virus lain yang berpotensi ditularkan lewat berciuman, yakni virus Epstein-Barr, virus Herpes-6, virus Hepatitis, dan virus HIV penular AIDS sendiri, serta parasit toxoplasma.

Sama halnya dengan virus cytomegalo, keempat virus inipun sering hadir tanpa keluhan dan gejala, namun tetap bisa menular lewat ciuman. Tanpa sadar, tanpa terasa, virus berpindah ke pasangan ciuman. Mungkin tanpa memperlihatkan gejala dan keluhan apa-apa, atau bisa jadi hanya serangan demam dadakan yang dianggap flu biasa.

Kita tahu selain virus cytomegalo, virus Herpes dan toxoplasma juga mengancam anak di kandungan jika ibu mengidap penyakit ini sewaktu hamil. Anak dalam kandungan yang ibunya mengidap penyakit-penyakit ini, terancam kelainan jantung, tuli, ukuran kepala sangat besar (hydrocephalus), bentuk-bentuk kecacatan lahir yang mungkin timbul.

Apakah kehadiran virus-virus “Kissing disease” ini bisa sampai mematikan jika hanya menyerang orang dewasa?

Umumnya tidak. Lalu apa yang perlu ditakuti? Mestinya memang tidak ada.

Namun belakangan dicemaskan kalau virus dan kuman tertentu yang beredar dalam darah, juga berpotensi menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah koroner. Kita tahu kehadiran jenis kuman dan virus tertentu juga ikut menyokong terbentuknya penyakit jantung koroner. Termasuk peranannya pada kemunculan penyakit keletihan menahun (chronic fatigue syndrome).

by http://klinik-pasutri.blogspot.com

About these ads

37 Comments

  1. Kalau sudah menikah kan boleh tuch ciuman, trus kalau gosok gigi dan kumur dengan mouthwash….resiko kena penyakit bisa dikurangi ga? very useful information, thanks

  2. hayo…
    sapa yang sering ciuman ati2 tuh… :D

  3. makanya, ciuman jangan diobral
    ciumlah sebelum mencium….
    he he he

  4. Saya baru tau kalo HIV bisa juga tertular lewat ciuman, Thanks 4 ur information.

  5. Weleh2,,,klo kdang2 Z ap bsa juga trtular penyakit…
    Emang masa2 remaja klo pcr’N tuch sdh G asing lg dgn cium’N…heee

  6. wahh …

  7. itu adalah kepuasan

    • ‘n kepuasan tu jangan ditinggalin..pa lagi disia2in..tul gak??

  8. aaaaaaaahhhh….
    nonsense… bulshyit….
    ciuman sah-sah aja bagi yang memliki pasangan….
    kacian deeeh loe … ga pnya pasangan yaaaahhhh…
    tuuuuch wedhuz wedho gw nganggur di kandang….

    he..he..

    • bener tu..yang bilang gak sehat ‘n gak sah tu kalo gak punya pasangan..coba kalo yang udah terus dicium ma pasangannya..pasti minta nambah donk??

  9. mAkasih udh ksh taau ………

    Tapi nikmat berciuman …..

    Dahsyat ………

  10. ciumannnn?????
    bhaya eui
    coz klo udah yng nmanya ciuman,bsa mermbat kemna2

  11. maksih ats infonya..
    dengan berciuman kita bisa saling pendekatan bisa tau satu dengan yang lainnya.klo pacaran gak ciuman kayak nya gimana gitu .. kayak sayur tanpa garam..hehehe.. kayak lagu aj…so bagi yang mao ciuman cari cew or cow yang blom pernah ciuman jadi gak tertular dech.. klo yang udah berpengalaman berciuman dengan yang bayak ciuman juga,..jadi virusnya…bergabung…ok thak’s babay

  12. waw………….
    ternyata ciuman itu berbahaya tapi kan suatu kenikmatan tersendiri (gagay)
    hah…….
    dahsyatnya……

  13. ciuman manx ganaz tpi gmna da udath enakeun eunx
    zka ketagihan agy…………..

  14. ciuman adalah suatu kenikmatan dahsyat yang bepotensi penyakit donkk…??????

  15. just kiss,,,

    dont talk…

  16. tul banget tuch..gwe dukung semua yang suka ma ciuman..

  17. pokoke uenak laaaahhh…..

    yang belum coba… silahkan coba ama pasangan masing- masing .. ok

  18. hhmm…gTu ea…
    mKci dH kCih tW..!!tP kLo cMa dKit gpP kn…??Hhohoho….

    thx,

  19. Ciuman??? Ya allah,,, itu hal yang sangat ni’mat jika dilakukan sepasang suami istri!!! Andaikan semua remaja yg blm nikah bisa menahanx sampai menikah,,, waaahh,, rasax jadi lebih dahsyat dan memuaskan. Tapi klo g’ bisa nahan n terlanjur ciuman, maka setelah hari pernikahan nya ciuman tidak lg menjadi surprice n istimewa bagi dia yg sudah melakukannya sebelum menikah.
    Thanks 4 all!!

  20. mksh y pljrannya…lagian ku jg pernh bca di kliping kl ciuman it bhya banget….

  21. Wah .. Trnyt bhaya bgd y c!uman nTu .. Tp d smp!ng brbhya’a da kn!kmatan trSndr .. C!uman dh lumrah .. Hmp!r smua orng prnh c!uman .. Klo mshlh pnykt c!y y urSn bLakangn .. Yg pnt!ng kn n!kmat’a dl .. He ..

  22. Apakh bnr ciuman nt smpe sgtu bhaya nya nie????
    Cz pcar q yg ckrg mo mnt yg gituan

    jd gmn dunk..!!
    but gk aq kasih cz
    aq Lum prh ngLakuiny ne sblumy,
    jd atuuuuuut ne wt mncoba-ny,,,..

  23. hmmm…..

    lau ciumanx berganti pasangan
    tambah bhya gg??

    cz q jd penasaran am bhyax ciuman nuii..
    hhe :)

  24. mcax ceiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhh…………………….ciuman tu bahaya????????????
    kyak teroris dooooooonk……………
    ydh low emank bahaya ya 9 sah pnya pcar jmblo……………….
    kn klo pcran t d komitmen’a,,NAH LOOOOOW GMNA/???????????

  25. ciuman tuh gak apa-apa kan asyik banget………!!!!!!!!!!
    apa lagi ampek lama huh
    nikmatnya

  26. hhihihihi………jdii atuth,,

  27. Tuhhh…kan…untung blom pernah…mendingan Ciumannya jangan pake lidah…..make bibir aja…….hahay…….

  28. gak masalah klo menurut w.
    manusia bakalnya juga mati….
    apa yang mesti ditakutin.
    yang mesti kita takutin mati gak bawa amal….

  29. Cium aj..kan tnda cinta

  30. makacih atas infona ttg bhya ciuman….

  31. klo mau cium pipi ajah,,,, kan tanda sayang….hehehe

  32. Ich takut..

  33. Yg saya tau, virus HIV tidak ada di cairan air liur .. yg di maksud, ciuman seperti apa ya? sampai menularkan virus HIV.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 47 other followers