Jenis Vitamin, Gizi Beserta Fungsinya

Unsur vitamin dalam tubuh kita mempunyai peranan penting. Apabila tubuh kita kekurangan salah satu vitamin maka kesehatan bisa terganggu. Tidak sedikit dari kita yang belum mengetahui banyak tentang vitamin. Mari kita mengenal lebih dekat dengan berbagai macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh beserta takaran konsumsi perharinya yang dianjurkan. Vitamin pada dasarnya terbagi dua jenis : yang larut dalam air dan lemak. Vitamin yang larut dalam air adalah semua jenis vitamin B dan vitamin C (asam askorbat), sedang vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E dan K.

Vitamin B1 (Thiamin)

Fungsi : Mencegah penyakit beri-beri, membantu pelepasan energi dari makanan, mempertahankan kesehatan susunan syaraf. Sumber : Sereal dari tepung gandum, beras putih dan merah, buncis, bayam, jeruk, susu, telur. Takaran yang dianjurkan : 1.5 mg/hari.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Fungsi : Membantu pelepasan energi dari makanan, mempertahankan kesehatan kulit dan rambut. Sumber : Sereal dari tepung gandum, susu, telur, sapi, salmon, asparagus, ayam, keju, brokoli, bayam, roti. Takaran yang dianjurkan : 1.7 mg/hari.

Vitamin B3 (Niacin)

Fungsi : Mencegah penyakit pellagra (kulit kasar bersisik), membantu melepaskan energi dari makanan, mempertahankan kesehatan sistim susunan syaraf, mempertahankan kesehatan rambut. Sumber : Sereal dari tepung gandum, tuna, salmon, ayam, kacang-kacangan, sapi. Takaran yang dianjurkan : 20 mg/hari.

Vitamin B5

Fungsi : Mencegah mati rasa pada jari-jari, membantu melepaskan energi dari makanan, mempertahankan kesehatan jaringan dan rambut Sumber : Hati ampela, telur, brokoli, ikan, ayam, yogurt, jamur, alpukat, kentang manis. Takaran yang dianjurkan : 10 mg/hari.

Vitamin B6 (Pyridoxin)

Fungsi : Mencegah kekeringan pada ujung bibir, membantu melepaskan energi dari makanan. membantu pembentukan sel darah merah, mempertahankan kesehatan sistim syaraf. Sumber : Pisang, ikan, ayam, kentang, bayam. Takaran yang dianjurkan : 2 mg/hari.

Vitamin B12 (Cyanocobalamin)

Fungsi : Membantu pembentukan sel darah merah/mencegah anemia, mempertahankan kesehatan sistim susunan syaraf. Sumber : Salmon, kepiting, sapi, telur, susu. Takaran yang dianjurkan : 6 mcg/hari.

Biotin

Fungsi : Mempertahankan kesehatan kulit dan rambut. Sumber : Salmon, telur, hati, keju, alpukat Takaran yang dianjurkan : 400 mcg/hari

Asam Folat

Fungsi : Membantu pembentukan sel darah merah, mempertahankan kesehatan sistim pencernaan. Sumber : Sayuran berdaun hijau, jeruk, beras, bayam Takaran yang dianjurkan : 400 mcg/hari

Vitamin C

Fungsi : Meningkatkan daya tahan tubuh, berfungsi sebagai anti oksidan yang melindungi tubuh dari serangan radikal bebas akibat polusi dan asap rokok, membantu penyembuhan luka, membantu peyerapan zat besi dan kalsium, mempertahankan kesehatan kulit dan jarinagn. Sumber : Jeruk, strawberry, anggur, tomat, brokoli, kentang. Takaran yang dianjurkan : 60 mg/hari

Vitamin A

Fungsi : Berperan penting dalam kesehatan mata, merpertahankan kesehatan kulit dan rambut. Sumber : Wortel, bayam, kentang, telur, mentega. Takaran yang dianjurkan : 5000 IU/hari

Vitamin D

Fungsi : Berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi, membantu pembekuan darah. Sumber : Ikan salmon dan sardin, udang, susu. Takaran yang dianjurkan : 400 IU/hari

Vitamin E

Fungsi : Mempertahankan kesehatan umum, mempertahankan kesehatan kulit dan rambut. Sumber : Kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak jagung, wortel, alpukat. Takaran yang dianjurkan : 30 IU/hari

Vitamin K

Fungsi : Membantu pembekuan darah pada luka Sumber : Brokoli, bayam, daun bayam, minyak zaitun, minyak kacang kedelai. Takaran yang dianjurkan : 120 mcg/hari.

Macam-macam Gizi Dan Fungsinya

Dalam kehidupan manusia sehari-hari, orang tidak terlepas dari makanan, karena makanan adalah salah satu persyaratan pokok untuk manusia, disamping udara (oksigen). Empat fungsi pokok makanan bagi kehidupan manusia adalah untuk :

a. Memelihara proses tubuh dalam pertumbuhan / perkembangan serta mengganti

jaringan tubuh yang rusak.

b. Memperoleh energi guna melakukan kegiatan sehari-hari.

c. Mengatur metabolisme dan mengatur berbagai keseimbangan air, mineral dan

cairan tubuh yang lain.

d. Berperan didalam mekanisme pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit.

Agar makanan dapat berfungsi seperti itu maka makanan yang kita makan sehari-hari tidak hanya sekedar makanan. Makanan harus mengandung zat-zat tertentu sehingga memenuhi fungsi tersebut, dan zat-zat gizi ini disebut gizi. Dengan perkataan lain makanan yang kita makan sehari-hari harus dapat memelihara dan meningkatkan kesehatan.

Ilmu yang mempelajari atau mengkaji masalah makanan yang dikaitkan dengan kesehatan ini disebut ilmu gizi. Batasan klasik mengatakan bahwa ilmu gizi ialah ilmu yang mempelajari nasib makanan sejak ditelah sampai diubah menjadi bagian tubuh dan energi serta diekskresikan sebagai sisa. (Achmad Djaeni, 1987).

Dalam perkembangan selanjutnya ilmu gizi mulai dari pengadaan, pemilihan, pengolahan sampai dengan penyajian makanan tersebut. Dari batasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa ilmu gizi itu mencakup 2 komponen penting yaitu makanan dan kesehatan.

Untuk mencapai kesehatan yang optimal diperlukan makanan bukan sekedar makanan tetapi makanan yang mengandung gizi atau zat-zat gizi. Zat-zat makanan yang diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan ini dikelompokkan menjadi 5 macam, yakni protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Fungsi-fungsi zat makanan itu antara lain sebagai berikut :

a. Protein

Protein diperoleh dari makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (protein nabati) dan makanan dari hewan (protein hewani). Fungsi protein bagi tubuh antara lain :

- membangun sel-sel yang rusak.

- membentuk zat-zat pengatur seperti enziim dan hormon.

- membentuk zat inti energi (1 gram proteein kira-kira menghasilkan 4,1 kalori).

b. Lemak

Lemak berasal dari minyak goreng, daging, margarin, dan sebagainya. Fungsi pokok lemak bagi tubuh ialah :

- menghasilkan kalori terbesar dalam tubuuh manusia (1 gram lemak menghasilkan

9,3 kalori).

- sebagai pelarut vitamin A,D,E,K.

- sebagai pelindung terhadap bagian-bagiaan tubuh tertentu dan pelindung bagian

tubuh pada temperatur rendah.

c. Karbohidrat

Karbohidrat berdasarkan gugus penyusun gulanya dapat dibedakan menjadi monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Fungsi karbohidrat adalah juga salah satu pembentuk energi yang paling murah, karena pada umumnya sumber karbohidrat ini berasal dari tumbuh-tumbuhan (beras, jagung, singkong, dan sebagainya) yang merupakan makanan pokok.

d. Vitamin-vitamin

Vitamin dibedakan menjadi 2, yakni vitamin yang larut dalam air (vitamin A dan B) dan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A,D,E,K).

Fungsi masing-masing vitamin ini antara lain :

1. Vitamin A berfungsi bagi pertumbuhan sel-sel epitel dan sebagai pengatur

kepekaan rangsang sinar pada saraf dan mata.

2. Vitamin B1 berfungsi untuk metabolisme karbohidrat, keseimbangan air dalam

tubuh dan membantu penyerapan zat lemak oleh usus.

3. Vitamin B2 berfungsi dalam pemindahan rangsang sinar ke saraf mata dan enzim

dan berfungsi dalam proses oksidasi dalam sel-sel.

4. Vitamin B6 berfungsi dalam pembuatan sel-sel darah dan dalam proses

pertumbuhan dan dalam proses pertumbuhan serta pekerjaan urat saraf.

5. Vitamin C berfungsi sebagai aktivator macam-macam fermen perombak protein

dan lemak, dalam oksidasi dan dehidrasi dalam sel, penting dalam

pembentukan trombosit.

6. Vitamin D berfungsi mengatur kadar kapur dan fosfor dalam bersama-sama

kelenjar anak gondok, memperbesar penyerapan kapur dan fosfor dari usus, dan

mempengaruhi kerja kelenjar endokrin.

7. Vitamin E berfungsi mencegah perdarahan bagi wanita hamil serta mencegah

keguguran dan diperlukan pada saat sel sedang membelah.

8. Vitamin K berfungsi dalam pembentukan protrombin, yang berarti penting dalam

proses pembekuan darah.

e. Mineral

Mineral terdiri dari zat kapur (Ca), zat besi (Fe), zat fluor (F), natrium (Na) dan chlor (Cl), kalium (K) dan iodium (I). Secara umum fungsi mineral adalah sebagai bagian dari zat yang aktif dalam metabolisme atau sebagai bagian penting dari struktur sel dan jaringan.

berbagai sumber

About these ads

41 Comments

  1. Hmmmm…. asyik-asyik…. ikutan baca.

  2. Hmmmmmmm….. asyik Nih Boleh Ikutan Baca Gak Yawh….

  3. Bermanfaat banget, ini yg sy cari 2 hari ini! :)

  4. ok juga nich bwat nambah wawasan

  5. bagimana cara menakar takaran makanan yang baik dalam kesehatan

  6. Thank Q.berkat info2 ny dan smoga yg memuat dpt pahala.yg mampu membuat orang sneng krn bsa thu.trim

  7. alhamdulillah ini dah lama aku cari**, omong omong sumber DHA & AA untuk batita apa ya slain ikan laut, terimakasih untuk jawabannya

  8. Jadi tahu nih berbagai kegunaan vitamin bagi tubuh. thanks mas
    keep posting.

  9. makna vitamin tuh dari mana????

  10. tararengkyu infonya

  11. ngga ada macam-macam kekurangan dan kelebihannya yaah ? saya butuh ituu

  12. ass.wr.wb semoga saja kalian semuanya terselimuti akan sehat tanpa sehat keseharian kalian akan di selimuti rasa kekuatiran dan was-was sekiranya berlanjut terus tentunya problem materi untuk biaya dan belum lagi sakit yang menyelimuti belum juga sembuh tentunya strees akan datang menemui untuk itu apapun semuanya butuh keseimbangan menyeluruh termasuk tidur cukup untuk menyegarkan otak untuk bisa berfikir jernih untuk itu tuhan menciptakan siang dan malam dan juga kalian di tuntut untuk menggerakkan semua anggota tubuh untuk mencari rejeki sebagian dari ibadah kalian menafkahi anak istri kalian dan keringat yang keluar dari tubuh kalian juga bisa menetralisir akan racun pada tubuh yang tak berguna dan pola makan akan vitamin juga sangat penting sebagai pemasok kerja fungsi organ tubuh yang di dalam kita kurang mengkomsusi akan gula kita juga lemas seperti tidak bertenaga berlebihan juga akhirnya juga bisa lemas juga karena itu keseimbangan pola makan memang sangat penting untuk itu tuhan menciptakan sayur mayur dan buah-buahan itu juga untuk menjaga fungsi tubuh supaya terjaga belum lagi ikan yang bertebaran di samudra juga untuk kalian di wajibkan menjaga dan merawat dan fungsi lain pohon juga sangat penting sebagai penyerap akan panas dan juga penyerapan akan air juga untuk kalian semoga kalian semua mengerti fungsi akan hidup menyeluruh dan pentingnya sayuran juga untuk kulit senantiasa halus dan lembab dan buah-buahan seperti jeruk juga kaya akan vitamin C juga bibir tidak pecah-pecah bebas dari sariawan sudah bro sampai di sini saja saya tidak menerangkan satu persatu karena kalian lebih pintar dari saya dan buku-buku akan kesehatan juga tersebar di mana-mana terima kasih. wassallam

  13. Thank so much, those all I need.

  14. wahhh ini bagus untuk menambah pengetahuan

  15. bagus… isi nya………

  16. matur nuwunn nggihh. . . .!!!!

  17. trims nambah pengetahuan nih… mmm…

  18. TERIMA KASIH SAUDARA KERANA BERKONGSIKAN PELBAGAI ILMU TTG NUTRIEN N VITAMIN. SAYA DARI MALAYSIA, KUALA LUMPUR DLM KAJIAN MEMPELBAGAIKAN KEMAHIRAN SAYA DALAM MENUNTU ILMU PENGATAHUAN. INSYA’ALLAH, MOGA2 KITA BOLEH MENJADI TEMAN ILMU YG BAIK

    DARKU NAZS
    MALAYSIA

  19. yeeeeeeee bisa nyontek,makasih yaaa ,ada informasi lain tentang vitamin K?

  20. makasii
    sangat membantu untuk menyelesaikan tugas ku :)

  21. makasi atas info nya….sangat membantu sekali bagi dunia kesehatan…bravo

  22. mkasii….kini aku dah tw apa yg aku butuhkan..sangat membantu untuk melansungkan hidup..

  23. thank infonya

  24. sangat membantu , lagunya juga bikin relax …
    makasih , mas .
    ^_^

  25. [...] Jenis Vitamin, Gizi Beserta Fungsinya [...]

  26. lumayan

  27. Mantab infonya..
    Bermanfaat sangat..

  28. Wisssss….
    Lengkap kliii
    Ini yg d cri2
    Bwt tgas gizi d skolah…
    Tq y….

  29. BrgUna Bnget..q suka artikel ini.thx infonx.

  30. bisa ditambahkan menu apa saja yang sesuai dengan golongan darah masing-masing individu.

  31. thanks infox mas …berguna banget buat masyarakt yg gak tahu pntingx gizi dalm mkann …

  32. thank dok info ya klo bs cr mudah mbuat vit agar ayam kuat gesit

  33. thank infonya mass….

  34. thanks. this article is useful for us

  35. thank’s blog ini sngat membantu aq bwt nyelesaiin tugs,,,

  36. benar” bermanfaat bagi saya semoga orang lain juga
    terima kasih

  37. thxxxxxxxxx

  38. makasih banyak bro infox

  39. Informasi yang sangat bermanfaat

  40. Assalamu ‘alaikum
    IZIN COPY SABAGI BAHAN PEMBELAJARAN BAGI KAMI


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 45 other followers